Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 26 Jul 2018 21:10 WIB

TRAVEL NEWS

Cuaca Jepang Lagi Panas Banget, Ini Imbauan Buat Turis

Kurnia Yustiana
detikTravel
Cuaca di Jepang sedang panas-panasnya (Issei Kato/Reuters)
Jakarta - Gelombang panas tengah melanda Jepang. Agar liburan di sana lebih nyaman, ada sejumlah imbauan yang bisa disimak terlebih dahulu.

Cuaca di sejumlah daerah di Jepang sedang panas-panasnya pada musim panas kali ini. Di kawasan Kumagaya misalnya, suhunya mencapai 41 derajat Celsius. Destinasi populer seperti Tokyo dan Osaka juga tak luput dari cuaca panas, dengan suhu di atas 30 derajat Celsius.

Japan Meteorological Agency alias Badan Meteorologi Jepang memprediksi bahwa suhu 35 derajat atau lebih bisa berlanjut sampai awal Agustus. Walau begitu, Jepang masih cukup aman untuk dikunjungi turis.

Masih ada destinasi yang tidak terlalu terdampak gelombang panas. Terutama di daerah utara seperti Hokkaido dan Tohoku. Namun bagi turis yang tengah atau akan berlibur ke destinasi populer seperti Tokyo dengan cuaca yang tengah panas-panasnya, bisa memilih untuk mengunjungi objek wisata indoor yang lebih adem.

"Destinasi Tokyo dan Osaka masih oke buat dikunjungi. Turis sebaiknya tetap tenang dan berkunjung ke tempat yang dilengkapi pendingin ruangan. Nikmati wisata belanja, ke kafe, restoran, tempat-tempat yang ber-AC. Stasiun kereta bawah tanah juga kebanyakan ber-AC," ujar Hideki Tomioka, Executive Director JNTO Jakarta kepada detikTravel via telepon, Kamis (26/7/2018).

BACA JUGA: Kata Orang Jepang Tentang Cuaca Negaranya yang Lagi Panas Banget

Traveler sebaiknya juga lebih memperhatikan asupan air ke dalam tubuh. Selalu sedia air minum agar tidak dehidrasi. Jika tak sempat mempersiapkan air minum dari penginapan, traveler bisa membelinya di minimarket atau vending machine. Buat yang bepergian bersama lansia atau anak-anak, sebaiknya lebih dijaga agar tidak sakit karena terdampak gelombang panas.

"Kalau wisata outdoor, belilah air minum. Banyak vending machine yang mudah ditemukan," tuturnya.

Anak-anak berangkat sekolah di Tokyo (Martin BUREAU/AFP)Anak-anak berangkat sekolah di Tokyo (Martin BUREAU/AFP) Foto: undefined


Pastinya bagi turis yang berkunjung ke Jepang, tetaplah waspada. Bila ada teman traveling yang sakit, segeralah kunjungi rumah sakit terdekat. Untuk kunjungan turis Indonesia ke Jepang, sejauh ini terbilang masih normal.

"Semalam saya flight dari Jepang. Banyak turis Indonesia juga dalam penerbangan itu," kata Tomioka.



Tonton juga video: 'Gelombang Panas Jepang Pecahkan Rekor, 77 Orang Tewas'

[Gambas:Video 20detik]



(krn/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA