Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 27 Jul 2018 07:45 WIB

TRAVEL NEWS

Asyik! Mulai Hari Ini Ada Jasa Sepeda Gratis di Monas

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
Sepeda GOWES di Monas (dok GOWES)
Sepeda GOWES di Monas (dok GOWES)
Jakarta - Traveler yang mau berakhir pekan ke Monas, mulai hari ini jangan terkejut jika menemukan banyak sepeda. Semuanya bisa dipakai di area Monas.

Layaknya di sejumlah kota Eropa seperti Amsterdam dan Paris, kini jasa berbagi sepeda (bike sharing) juga telah hadir di Indonesia.

Adalah GOWES, salah satu startup terbaru di tanah air karya PT Surya Teknologi Perkasa (sejak Agustus 2017 - red) yang mengembangkan aplikasi berbagi sepeda. Bermodalkan aplikasi di ponsel, traveler bisa 'meminjam' sepeda dari sejumlah titik dan mengembalikannya di titik yang lain. Praktis!

Dilihat detikTravel dari situs resminya, Jumat (27/7/2018), GOWES merupakan istilah dari bahasa Jawa 'genjot ora genjot wis teles' yang berarti bersepeda atau tidak, badan akan tetap berkeringat.

Secara tujuan, GOWES ingin mengajak semua pihak untuk menjaga kesehatan tubuh serta melawan kemacetan dan polusi lewat kegiatan bersepeda.

Yang terbaru, terhitung hari ini pihak GOWES melakukan uji coba di kawasan Monas yang populer di kalangan wisatawan. Pihak GOWES pun menggandeng beberapa pihak terkait hingga Pemprov DKI Jakarta.

"Pada Tahun 2018 ini kami baru dapat merollout uji coba di Monas bersama dengan Jakarta Smart City dan Institute for Transportation & Development Policy," ujar CEO PT Surya Teknologi Perkasa (GOWES), Iwan Suryaputra via email.

Seperti info yang tertulis di laman Instagram @gowesbikesharing, uji coba tersebut akan dimulai hari ini dan rencananya dihadiri oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno.



Secara teknis, traveler harus lebih dulu mengunduh aplikasi GOWES di ponsel. Setelah itu traveler bisa menemukan titik pengambilan sepeda, dilanjutkan dengan proses scan via ponsel untuk mengambil sepeda.

Rencananya, sepeda GOWES akan hadir di Monas setiap hari dari pukul 07.00-24.00 WIB. Traveler pun bisa meminjamnya tanpa dikenakan biaya, setidaknya untuk saat ini. Namun, ini masih uji coba loh ya.

"Uji coba selama tiga bulan, dan kemungkinan apabila diberikan kesempatan juga kami akan uji coba di Balai Kota," ujar Iwan.

Ke depannya pihak GOWES juga akan memperluas titik pengambilan sepeda di sejumlah gedung hingga pasar dan mal di ibukota Jakarta.

"Selain di Monas kami akan menyelenggarakan di gedung-gedung, namun masih sampai saat ini kami masih meminta izin pada pemilik gedung dan instansi terkait agar bisa uji coba juga. Target pasar kami selain gedung yaitu pasar swalayan, perumahan, mall, cafe, tempat wisata, sekolah atau universitas," terang Iwan.

Traveler yang penasaran dan ingin berwisata naik sepeda akhir pekan ini di Monas tentunya bisa mencoba datang langsung ke lokasi. Sekalian saja berolahraga, mumpung masih baru dan gratis!


Tonton juga video: '4.000 Jawara Silat Betawi Berkumpul di Monas'

[Gambas:Video 20detik]

(bnl/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED