Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 31 Jul 2018 14:20 WIB

TRAVEL NEWS

Menpar Tegaskan Pentingnya NYIA Demi Dongkrak Wisman di Joglosemar

Usman Hadi
detikTravel
Menpar Arief Yahya di Gunungkidul (Usman/detikTravel)
Menpar Arief Yahya di Gunungkidul (Usman/detikTravel)
Gunungkidul - Menpar Arief Yahya tegaskan pentingnya New Yogyakarta International Airport (NYIA) di Kulon Progo. Keberadaannya sangat penting untuk Joglosemar.

Menpar yakin jika NYIA beroperasi, maka jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Yogyakarta, Solo, dan Semarang (Joglosemar) akan terdongkrak.

"Kita harapkan yang paling critical adalah bandara. Belum tahu namanya, sementara kita beri nama New Yogyakarta International Airport. Itu paling critical," kata Arief seusai menjadi pembicara dialog nasional ke-18 'Indonesia Maju' di GOR Siyono Gunungkidul, Selasa (31/7/2018).

"Saya yakin begitu bandara itu (NYIA) jadi, angka yang kita sebutkan biasanya 500 ribu itu akan menjadi 2 juta (jumlah kunjungan wisman)," lanjutnya.

Menurutnya, jika jumlah kunjungan wisman di Joglosemar meningkat, maka perputaran uang di masyarakat otomatis terangkat. Tidak hanya itu, sektor perekonomian masyarakat juga akan tergerak sehingga pengangguran akan berkurang.

"Kalau 2 juta wisman datang ke Joglosemar atau DIY dan Jawa Tengah, maka akan ada uang US 2 miliar dolar atau Rp 20 triliun rupiah lebih beredar di masyarakat. Jadi mohon dukungan rekan-rekan, untuk percepatan pengembangan bandara," ujarnya.

Selain NYIA, pemerintah juga telah merancang tol yang menghubungkan wilayah Joglosemar. Sehingga diharapkan mobilitas wisatawan yang berlibur di wilayah Joglosemar akan lebih mudah dan lancar.

"Jalan akses tol di Joglosemar akan kita sempurnakan, segitiga Yogyakarta, Solo, dan Semarang," pungkas dia. (rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA