Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 03 Agu 2018 16:10 WIB

TRAVEL NEWS

Duh! Keledai di Kebun Binatang Mesir Dicat Belang Biar Mirip Zebra

Wahyu Setyo Widodo
detikTravel
Foto: Mahmoud berfoto bareng zebra yang ternyata keledai (dok. Mahmoud A Sahrani/Facebook)
Foto: Mahmoud berfoto bareng zebra yang ternyata keledai (dok. Mahmoud A Sahrani/Facebook)
Kairo - Tindakan kebun binatang di Mesir ini tidak untuk ditiru. Mereka mengecat belang hitam putih seekor keledai dan menyebutnya sebagai seekor zebra. Duh!

Entah apa yang ada di benak pihak pengelola sebuah kebun binatang yang baru buka di Kairo, Mesir ini. Mereka ketahuan melakukan sebuah tindakan konyol, yaitu mengecat seekor keledai dengan warna belang hitam putih kemudian melabelinya sebagai seekor zebra.

Tindak penipuan ini terbongkar setelah diungkap lewat foto-foto yang diambil oleh seorang pengunjung bernama Mahmoud A Sahrani. Mahmoud membagikan foto-foto ini lewat Facebook. Postingan ini pun langsung viral dan mendapat respon banyak pihak.

Dikumpulkan detikTravel dari beberapa sumber, Jumat (3/8/2018), Mahmoud hanyalah pengunjung biasa yang penasaran dengan Internatinal Garden Municipal Park yang baru buka di Kairo. Begitu sampai di depan kandang zebra, Mahmoud merasa ada yang aneh.

Mahmoud merasa zebra ini bukanlah zebra yang biasa dia lihat di kebun binatang lainnya. Penampakan badannya kecil, dan yang lebih janggal yaitu warna belangnya yang tidak natural, seperti dicat secara asal-asalan.
Zebra 'jadi-jadian' (dok. Mahmoud A Sahrani/Facebook)Zebra 'jadi-jadian' (dok. Mahmoud A Sahrani/Facebook)

Bahkan motif belang di bagian wajah si zebra, warna hitamnya terlihat seperti luntur. Mahmoud pun mengambil beberapa gambar, termasuk saat dirinya dan si 'zebra' nyengir bareng.

Usut punya usut, akhirnya dugaan Mahmoud itu benar. Yang dilihatnya bukanlah seekor zebra, melainkan seekor keledai. Beberapa perbedaan mencolok antara kedua hewan itu begitu nyata.

Perbedaan itu antara lain bentuk telinganya. Keledai memiliki telinga yang pipih, runcing dan melebar, sementara Zebra berbentuk oval, kecil, dan tegak. Dari motif belangnya juga bisa dibedakan, mana yang polanya alami, mana yang buatan.

Zebra yang asli (Thinkstock)Zebra yang asli (Thinkstock)


Beberapa dokter hewan di Mesir juga mengonfirmasi bahwa hewan di kebun binatang tersebut bukanlah zebra, melainkan keledai.

Meski begitu, Mohamed Sultan selaku Direktur International Gardens Park membantah bahwa praktek penipuan tersebut terjadi di kebun binatangnya.

Kasus seperti itu bukan kali pertama terjadi. Pada 2009 lalu, kebun binatang di Gaza juga melukis 2 ekor keledai agar terlihat seperti zebra. Mereka beralasan akan butuh banyak dana untuk mengimpor hewan hidup seperti zebra. (wsw/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA