Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 07 Agu 2018 16:50 WIB

TRAVEL NEWS

Pemulihan Gili Trawangan, Ini yang Akan Dilakukan Kemenpar

Afif Farhan
detikTravel
Gempa di Lombok (Dok. REUTERS/Beawiharta)
Gempa di Lombok (Dok. REUTERS/Beawiharta)
Jakarta - Banyak resor dan kafe di Gili Trawangan, Lombok, NTB rusak dan roboh akibat gempa. Ini yang akan dilakukan Kemenpar.

Meski belum ada data resmi soal kerugian di Gili Trawangan akibat gempa, namun beberapa pengelola wisata di Gili Trawangan menyatakan banyak bangunan yang rusak. Banyak kamar-kamar resort yang retak, tembok dapur yang roboh dan sebagainya.

Menanggapi hal tersebut, Menteri Pariwisata Arief Yahya pun akan melakukan recovery di Gili Trawangan. Tentunya, tidak sendirian.

"Saya akan meminta bantuan PU (Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat-red) untuk recovery di Gili Trawangan seperti membersihkan puing-puing dan lainnya. Begitu pula di destinasi wisata andalan Lombok lainnya," kata Arief di ruang Crisis Center Kemenpar, Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Selasa (7/8/2018).

Gili Trawangan dan gili-gili sekitarnya merupakan destinasi wisata Lombok yang sudah pamor namanya. Menurut Arief, recovery di berbagai destinasi wisata di Lombok akan dilakukan setelah masa tanggap darurat.

"Yang pasti kita perhatikan 3A yakni aksesibilitas, atraksi dan amenitas. Di gili-gili, atraksinya berupa diving dan snorkeling masih aman. Lalu aksesbilitas, kita cek seberapa rusak Pelabuhan Bangsal," ujar Arief.

"Nah di Gili itulah amenitasnya, yaitu akomodasinya. Di sana banyak yang rusak tapi belum ada datanya, itu yang akan kita perbaiki nanti," tutup menteri asal Banyuwangi tersebut. (bnl/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA