Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 08 Agu 2018 08:20 WIB

TRAVEL NEWS

Polemik Pembangunan di TN Komodo, Salahkah Sepenuhnya?

Shinta Angriyana
detikTravel
Ilustrasi protes pembangunan akomodasi di Pulau Komodo oleh para artis (Dok. Instagram/lunamaya)
Ilustrasi protes pembangunan akomodasi di Pulau Komodo oleh para artis (Dok. Instagram/lunamaya)

FOKUS BERITA

Polemik di TN Komodo
Jakarta - Pembangunan akomodasi di Taman Nasional Komodo menimbulkan polemik. Sebenarnya, apakah sepenuhnya salah?

Menurut pakar pariwisata dan dosen Program Studi Pariwisata Vokasi Universitas Indonesia, Diaz Pranita, hal ini perlu ditelaah. Karena, daerah tersebut merupakan wilayah konservasi. Selain itu, awal dari pembangunan hanya ada di Labuan Bajo.

"Iya (awalnya) bisa dibangun di Labuan Bajo. Tetapi kita memang harus cek dulu master plan yang awal yang sudah dihitung daya dukung lingkungannya jangan sampai akhirnya kita malah menghancurkan TN Komodo," ujarnya saat dihubungi detikTravel, Rabu (8/8/2018).

Menurut Diaz, dari sisi kebutuhan wisatawan, ini bisa menjadi sebuah wadah untuk mengenal warisan alam lebih dekat. Sehingga masyarakat lebih sadar akan kondisi dan situasi alam.

"Di sisi demand sebetulnya destinasi wisata alam yang diberi restriksi-restriksi malah akan menjadi semakin menarik dan penting untuk meningkatkan kesadaran masyarakat termasuk wisatawan, sehingga kita dapat semakin mengapresiasi terhadap warisan alam tersebut," tambahnya.

Namun, hal ini, seperti dikatakan Diaz, harus memiliki tinjauan yang kuat. Dikarenakan pembangunan berada di zona inti atau zona rimba yakni Pulau Padar, Rinca dan Komodo. Di mana Komodo hidup di beberapa pulau tersebut.

Sementara itu, pihak KLHK mengatakan, pembangunan di wilayah TN mempunyai wilayah khusus. Hanya sekian wilayah yang dapat dibangun, tidak seluruhnya menjadi wilayah pembangunan.



Diaz mengatakan, konservasi ini wajib dilakukan. Agar Komodo dapat hidup di lingkungan aslinya dan tidak menganggu keberlangsungan hidup komodo.

"Intinya konservasi itu wajib kita lakukan. Kita harus menjaga keberlangsungan komodo dengan memelihara habitatnya jangan sampai habitatnya kita rusak," ucap Diaz. (sna/fay)

FOKUS BERITA

Polemik di TN Komodo
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED

Bertualang Sehari di Bunaken

Rabu, 19 Des 2018 15:10 WIB

Seharian wisata di Taman Nasional Bunaken, Sulawesi Utara asyik juga lho. Banyak spot yang dapat dikunjungi dalam satu hari saja.