Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 14 Agu 2018 09:55 WIB

TRAVEL NEWS

Wow! Taman Nasional Bunaken Jadi Google Doodle

Keindahan bawah laut Bunaken (Mega Ditta/d'Traveler)
Jakarta - Kalau kamu browsing di Google, tampilannya bertema lautan. Itu bukan di negara lain, tapi Taman Nasional Bunaken menjadi Google Doodle hari ini.

Tampilan Google hari ini Selasa (14/8/2018) begitu spesial dengan doodle bertema lautan. Lautan ini bukan dari negara lain, melainkan keindahan dari Indonesia.

Tema Google Doodle hari ini adalah Taman Nasional Bunaken. Ada alasannya kenapa Google memilih tema ini. Hari ini adalah ulang tahun ke-27 Taman Nasional Bunaken.

Bunaken di lepas laut Manado https://www.detik.com/tag/manado/, Sulawesi Utara bukan taman nasional sembarangan. Ia adalah bagian dari Segitiga Terumbu Karang Dunia, yang artinya pusat kekayaan bawah laut dunia ada di sini.

Wow! Taman Nasional Bunaken Jadi Google DoodleTerumbu karang di Bunaken (Thinkstock)

Dari data KLHK, Taman Nasional Bunaken diresmikan pada 1991 dengan luas area 890,65 km2. 97 Persen kawasannya adalah laut, hanya 3 persen berupa daratan yaitu Pulau Bunaken, Manado Tua, Siladen, Naen dan Mantehage. Bukan main ya!

Bunaken sudah lama jadi destinasi wisata bahari favorit wisatawan. Taman Nasional ini punya 390 spesies terumbu karang, berbagai jenis ikan, mamalia laut, reptil dan burung. Ada juga 22 desa dengan 35.000 penduduk.

Masih ada yang lebih dahsyat lagi. Bunaken juga masuk dalam Tentative List UNESCO World Heritage sejak 2005. Siapa tahu juga diperjuangkan terus, Taman Nasional Bunaken benar-benar bisa menjadi anggota penuh UNESCO World Heritage.

Selamat ulang tahun Bunaken! Kapan nih kamu pergi ke sana? (fay/msl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA