Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 19 Agu 2018 08:50 WIB

TRAVEL NEWS

Merasakan HUT Kemerdekaan di Pedalaman Papua Barat yang Cantik Banget!

Ahmad Masaul Khoiri
detikTravel
Foto: Upacara 17 Agustus di Kabupaten Pegaf (dok Mapala UI)
Foto: Upacara 17 Agustus di Kabupaten Pegaf (dok Mapala UI)
Pegunungan Arfak - Kabupaten Pegunungan Arfak (Pegaf) ada jauh di pedalaman Papua Barat tanpa sinyal seluler. Meski begitu, seluruh warga ikut merayakan HUT kemerdekaan Indonesia di wilayah pegunungan yang indah ini.

Upacara 17 Agustus 2018 dilaksanakan di Lapangan Distrik Anggi, Kabupaten Pegaf. Menjadi komandan dari pihak TNI dan sebagai pembina yakni Bupati Pegaf, Yosias Saroy dan pasukannya dari SKPD Pegaf, siswa SD-SMA, dan masyarakat umum.

Upacara kemerdekaan dilaksanakan pada pukul 09.00 WIT. Seperti biasa, upacara dilaksanakan dengan penyiapan pasukan lalu detik-detik kemerdekaan ditandai dengan kembang api dan diakhiri dengan doa.

Setelah acara selesai, siswa dari SD dan SMP diajak berbagai lomba yang biasa dilakukan saat peringatan 17-an. Berbagai lomba digelar, yakni balap karung, makan kerupuk, memasukkan kelereng ke botol menggunakan sendok, dan tarik tambang.

Suasana riuh dan ceria terlihat dari anak-anak yang ikut serta dalam lomba ini. Lomba-lomba ini dilaksanakan oleh Mapala UI dalam kegiatan Ekspedisi Bumi Cendrawasih 2018.

BACA JUGA: Destinasi Rahasia di Papua Barat, Bukan Raja Ampat!

Pegunungan Arfak merupakan kabupaten baru di Provinsi Papua Barat. Kabupaten ini berada di pedalaman dengan jarak terdekat dari Manokwari sejauh lebih kurang 100 kilometer.

Berada di pedalaman, Kabupaten Pegaf dimekarkan pada tahun 2012 dan baru dihuni pada tahun 2013. Memiliki posisi di atas pegunungan, jalan menuju ke sini biasa ditempuh selama 5 jam dengan kondisi jalan rusak menggunakan mobil 4x4 atau off road.

Siapkan baju dingin karena ketinggian Kabupaten Pegaf di 1.700 mdpl. Pemandangannya pun cantik sekali karena dikelilingi pegunungan.

Satu lagi, Pegaf amat minim sinyal seluler apalagi internet. Nikmati perjalananmu jika kamu datang ke sini.


Tonton juga video: 'Ada Atribut Papua Merdeka Warnai Ospek Uncen'

[Gambas:Video 20detik]

(msl/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED