Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Kamis, 13 Sep 2018 12:50 WIB

TRAVEL NEWS

Horang Kayaaah, Paspor Negara Malta Jadi Incaran Turis Tajir

Ilustrasi Malta (Angga/detikTravel)
Valletta - Paspor jadi dokumen paling penting untuk traveling ke luar negara. Saking pentingnya, Malta menjual kewarganegaraan demi paspor sakti ke 182 negara.

Beberapa negara menganut sistem kewarganegaraan ganda. Turis dari negara tersebut punya kesempatan lebih untuk traveling karena bisa punya dua paspor.

Dikumpulkan detikTravel dari berbagai sumber, Kamis (13/9/2018), paspor negara Malta pun jadi salah satu incaran banyak traveler yang boleh punya dua kewarganegaraan, seperti diberitakan media News Australia.

Dilihat dari situs Henley & Partners Passport Index, paspor Malta memungkinkan pemiliknya untuk traveling ke 182 negara dunia tanpa visa. Dalam urutan global, paspor Malta ada di peringkat ketujuh atau 10 besar dunia.

Suasana ibukota Valletta Suasana ibukota Valletta (Angga/detikTravel)
Secara lokasi, Malta yang merupakan bagian dari Uni Eropa memiliki banyak kebijakan yang menguntungkan. Diberitakan oleh Bloomberg News, Pemerintah Malta tidak mengenakan pajak atas pendapatan dan aset mereka di seluruh dunia dan hanya menerapkan pajak flat 15 persen atas uang yang dibawa ke negara tersebut.

"Jika Anda punya yacht dan dua pesawat, hal berikutnya adalah mendapatkan paspor Malta. Paspor itu merupakan simbol prestige terakhir," ujar Chairman Henley & Partners, Christian Kalin.

Iya, memiliki paspor Malta artinya jadi warga negara Malta. Malta diketahui menjadi 1 dari 10 negara dunia yang mengizinkan warga negara asing untuk membeli kewarganegaraan Malta.

Menariknya, traveler pun tidak dituntut untuk tinggal di Malta. Padahal, umumnya sejumlah negara mewajibkan seseorang untuk tinggal selama beberapa waktu di negaranya sebelum berhak mendapat kewarganegaraan secara sah.

Sebagai gantinya, orang yang mengajukan kewarganegaraan Malta harus membeli atau menyewa properti di satu dari tiga pulau yang ditetapkan oleh Pemerintah Malta.

Ya, program ini memang ditujukan untuk menarik investor dan orang kaya dari negara asing yang ingin mendapat privilege berupa kewarganegaraan Malta dengan ganti investasi.

Menurut media Malta Today, pemerintah telah menerapkan program serupa sejak tahun 2014 lalu. Mayoritas, yang tertarik adalah pengusaha dari Rusia.

Sayang, Indonesia merupakan satu dari negara yang tak mengakui kewarganegaraan ganda. Eh tapi memang ada uang buat memenuhi semua persyaratannya?



Saksikan juga video 'Catat! Ini Daftar Negara Bebas Visa Bagi Turis Indonesia':

[Gambas:Video 20detik]

Horang Kayaaah, Paspor Negara Malta Jadi Incaran Turis Tajir
(rdy/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA