Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 14 Sep 2018 10:15 WIB

TRAVEL NEWS

Pasar Kampoeng Expresi Banyuwangi Sajikan Atraksi Seni dan Kuliner

Moch Prima Fauzi
detikTravel
Foto: Dok Kemenpar
Foto: Dok Kemenpar
Jakarta - Pasar Kampoeng Expresi akan dibuka kembali di Kecamatan Muncar, Banyuwangi. Destinasi digital ini menggabungkan antara pasar, wisata kuliner dan atraksi seni yang dibesut oleh Generasi Pesona Indoneia (GenPI) gagasan Kementerian Pariwisata.

Diungkap oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya, Pasar Kampoeng Expresi merupakan wadah edukasi masyarakat melalui atraksi kesenian. Selain itu destinasi ini pun bakal mengangkat potensi lokal.

"Di samping sebagai wisata edukasi dan untuk menghibur masyarakat, atraksi tersebut mempunyai keterkaitan dengan pasar Kampoeng Exspresi sebagai pendukung yang bisa saling kerja sama antara pihak pasar dengan pihak kesenian. Pasar Kampoeng Expresi ini menjual beragam potensi lokal," Arief dalam keterangan tertulis, Kamis (13/9/201).


Pasar Kampoeng Expresi akan digelar Jumat-Sabtu (14-15/9) pukul jam 15.00 - 21.00 WIB, dan Minggu (16/9) mulai pukul 06.00 WIB - Selesai.

Menurut Juragan Pasar Kampoeng Expresi Andika Priyanto, destinasi digital ini sebelumnya hanya buka pagi di hari Minggu. Sedangkan penambahan hari Jumat dan Sabtu sore, karena permintaan pengunjung dan netizen yang mem-follow @kampoengexpresi.

"Banyak sekali permintaan Kampoeng Expresi dibuka sore hingga malam. Mereka ingin ada tempat nongkrong oke di saat senja. Mereka menilai Kampoeng Expresi sangat cocok. Karena itu kita coba penuhi keinginan mereka," ungkapnya.

Walau baru aktif kembali, Andika menjamin keseruannya tetap terjamin. Karena banyak atraksi kesenian dan kuliner yang siap dinikmat di antaranya jaranan, janger, serta tarian-tarian untuk kesenian lainnya.

"Untuk pasar, kami akan isi dengan pasar tradisional yang asli dari daerah kami. Yang paling kami tonjolkan yaitu jajanan rujak kelang dan sego petik khas Kecamatan Muncar," lanjut dia.


Andika menambahkan, tiap minggu Pasar Kampung Expresi akan berganti tema. Selain itu, pihaknya terus mengajak berbagai komunitas untuk turut meramaikan pasar ini.

"Kita akan menggunakan tema bergantian tiap minggu. Agar bisa bervariatif. Karena itu kami akan menggandeng berbagai komunitas seni dan kreatif yang ada di Banyuwangi," tuturnya.

Bagi yang suka selfie atau wefie, Kampoeng Expresi juga menawarkan sunset di pedesaan yang bagus untuk pengambilan foto siluet. Suasananya juga enak sambil menikmati kuliner yang tersaji. (ega/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED

Bukit Teletubbies dari Yogya

Selasa, 25 Jun 2019 10:50 WIB

Liburan sekolah ke Yogyakarta, ada tempat wisata baru yang bisa traveler kunjungi. Namanya Bukit Teletubbies Domes View. Suasananya masih sepi dan asri.