Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 28 Sep 2018 07:45 WIB

TRAVEL NEWS

Liburan ke Malang, Lagi Ada Festival Lawang Kota Tua Nih!

Muhammad Aminudin
detikTravel
Festival Lawang Kota Tua Malang (Muhammad Aminudin/detikTravel)
Festival Lawang Kota Tua Malang (Muhammad Aminudin/detikTravel)
Kabupaten Malang - Mau kemana akhir pekan ini di Malang? Langsung saja datang ke Festival Lawang Kota Tua yang pertama kali digelar, di gerbang utara menuju Kabupaten Malang.

Buat pecinta wisata heritage, bisa masuk agenda traveling akhir pekan ini. Festival Lawang Kota Tua mengawali Calendar of Event 2018 Kementerian Pariwisata. Lokasinya berada di pujasera Lawang atau sisi utara Pasar Lawang, Kabupaten Malang.

Ratusan stand berjajar didalam lokasi festival. Pengunjung bisa menemukan beragam jenis produk tempo dulu, mulai dari jajanan sampai kuliner.

Tak lupa Lawang merupakan bukti sejarah masa lampau. Ratusan bangunan kuno masih kokoh berdiri, puluhan di antaranya bisa menjadi destinasi wisata menarik atau spot terbaik untuk foto.

Maka tak salah, bagi traveler tengah berada atau ingin ke Malang, Festival Lawang Kota 2018 digelar mulai 27-29 September nanti, sayang jika dilewatkan.

(Muhammad Aminudin/detikTravel)(Muhammad Aminudin/detikTravel)
Bupati Malang Rendra Kresna mengatakan, bahwa di Lawang banyak ditemukan bukti sejarah masa lalu. Baik itu di masa kolonial dengan terawatnya bangunan-bangunan tua.

"Dan tak kalah penting bukti jejak Kerajaan Singosari, seperti Kalisura dan Pameling, yang menjadikan Lawang memantapkan sebagai Kota Tua," ungkap Rendra usai pembukaan festival, Kamis (27/9/2018).

(Muhammad Aminudin/detikTravel)(Muhammad Aminudin/detikTravel)
Selain Kota Tua, kata Rendra, Lawang juga merupakan daerah yang unik dengan aktivitas kehidupannya berjalan 24 jam.

"Dan yang paling khas adalah Lawang hidup 24 jam, meski malam hari. Suasana inilah yang membedakan dengan daerah lain," sebut Rendra.

Ditambahkan, Festival Lawang Kota Tua 2018 merupakan langkah awal dalam mengenalkan beragam potensi yang dimiliki. Apakah itu destinasi wisata, kesenian, budaya, kuliner, kerajinan sampai kreativitas masyarakat di Lawang.

"Dengan festival ini, harapannya banyak yang lebih mengenal tentang Lawang dan juga langkah mengawal mewujudkan Lawang sebagai Kota Tua. Event serupa akan digelar setiap tahunnya nanti," sambung Rendra.

Ketua Panitia Festival Lawang Kota Tua, Tarmudzi mengungkapkan, tercatat 250 stand ikut dalam festival perdana ini.

"Sebanyak 60 stand kuliner dan tahun depan bisa seribu stand. Harapannya, Lawang punya sebutan sebagai Kota Tua," ucapnya terpisah. (rdy/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED