Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 29 Sep 2018 13:15 WIB

TRAVEL NEWS

Saat Hanyut, Aldi Minum Air Laut dari Baju yang Dicelup

Afif Farhan
detikTravel
(Muhammad Ridho/detikFoto)
Jakarta - Aldi Novel Adilang menceritakan cara bertahan hidup saat terombang-ambing 49 hari di lautan. Khususnya, soal kebutuhan makan dan minumnya.

Aldi sehari-hari bekerja menjaga rompong (rumah rakit di lautan). Dia menyalakan lampu di malam hari, agar ikan-ikan mendekat lalu kemudian dijaring. Setelah itu, kapal-kapal datang secara rutin untuk membawa hasil tangkapannya.

Namun pada tanggal 14 Juli 2018, peristiwa besar dalam hidupnya terjadi. Tali yang terpaut di jangkar putus, rumah rakitnya terbawa arus sampai ke tengah lautan jauh. Hanyut!

"Tali rumah rakit putus karena angin dan gelombang yang kencang. Saat itu pagi baru bangun tidur, ketika itu sempat minta tolong lewat HT tapi sinyal hilang. Tidak ada kabar," kata Aldi menceritakan awal mulanya.

"Kapal lain coba menyelamati saya, tapi angin, ombak dan arus kencang," lanjutnya.

Saat Hanyut, Aldi Minum Air Laut dari Baju yang Dicelup(Muhammad Ridho/detikFoto)


Aldi pun bertahan hidup dengan perbekalan seadanya. Di dalam rumah rakit, dia memiliki beberapa bahan makanan seperti beras dan rempah-rempah. Meski coba hemat-hemat, nyatanya tidak bertahan lama juga perbekalannya. Hanya mampu bertahan seminggu.

Setelah itu, dengan cara apa Aldi bertahan hidup?

"Saya memancing ikan, lalu dibakar atau direbus pakai api dari kayu. Saya juga sempat makan ikan mentah," jawabnya.

Untuk air minum, Aldi mencelupkan bajunya ke dalam air laut. Setelah itu, dia hisap-hisap bajunya.

"Supaya tidak terlalu berasa asin airnya. Itu sekitar 4 hari saya minum seperti itu. Setelahnya hujan, lalu saya tampung airnya saya dan saya hemat-hemat sampai saya ditemukan kapal dari Panama," terang Aldi.

Setidaknya, dengan cara-cara itulah Aldi bertahan hidup. Aldi juga harus terus berjaga setiap hari, mengamati lautan sejauh mata memandang. Jika ada kapal, dia nyalakan HT-nya dan saat malam menyalakan lampu supaya menarik perhatian. Sebuah perjuangan yang luar biasa, bertahan hidup selama 49 hari di laut!

Berikut kisah selengkap Aldi di d'Happening detikcom:

[Gambas:Video 20detik]

(aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA