Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 29 Sep 2018 13:50 WIB

TRAVEL NEWS

Mengenal Masjid Terapung di Palu yang Roboh Akibat Tsunami

Afif Farhan
detikTravel
Masjid Arkam Babu Rahman (dok. istimewa)
Masjid Arkam Babu Rahman (dok. istimewa)
Palu - Tsunami memporak-porandakan Palu, Sulawesi Tengah. Banyak bangunan rusak dan menelan korban jiwa, sampai masjid terapung di sana pun ikut roboh.

Gempa berkekuatan 7,4 SR mengguncang Donggala dan disusul tsunami di Palu pada Jumat (28/9) kemarin. Hingga saat ini, pihak BNPB masih terus mendata jumlah korban.

Banyak bangunan-bangunan yang rusak, salah satunya adalah Masjid Arkam Babu Rahman. Masjid ini berada di atas air dan disebut sebagai masjid terapung.

BACA JUGA: Masjid Apung Roboh ke Laut Usai Tsunami Palu

(Afif Farhan/detikTravel)(Afif Farhan/detikTravel)


detikTravel pernah beberapa kali mengunjungi Masjid Arkam Babu Rahman. Sebagai tempat ibadah, nyatanya masjid ini juga mencuri perhatian wisatawan saat datang ke Palu. Selain karena lokasinya yang unik, kubah masjid ini juga bercahaya di malam hari.

Mengenal Masjid Arkam Babu Rahman lebih dekat, masjid ini diresmikan pada Desember 2011. Kapasitasnya mampu menampung 200 jamaah.

Kubah masjidnya kala bercahaya (Afif Farhan/detikTravel)Kubah masjidnya kala bercahaya (Afif Farhan/detikTravel)


Masjid terapung ini tertancap oleh pilar yang mencapai kedalaman 10 meter. Soal sejarah, nama masjid ini adalah singkatan dari nama kedua almarhum orang tua pendiri masjid. Masjidnya dibangun dengan biaya sendiri atas nama umat Muslim.

Soal kubah Masjid Arkam Babu Rahman yang bercahaya, itu menggunakan alat khusus yang dibeli dari China. Bisa terlihat dari jalan raya pancaran warnanya dan ada tujuh warna. Pancaran warna dari kubah masjid terapung ini yakni warna merah, jingga, hijau, unggu, biru, pink dan putih. Warnanya berganti-ganti dalam hitungan detik.

Masjid Arkam Babu Rahman dari kejauhan (Afif Farhan/detikTravel)Masjid Arkam Babu Rahman dari kejauhan (Afif Farhan/detikTravel)


Masjid terapung ini berada di pinggiran pantai dekat Jembatan Empat di Jalan Cumi-cumi. Tsunami di Palu, membuat masjidnya roboh dan jembatan penghubung ke masjidnya ikut rusak dan tidak tampak lagi.

Mengenal Masjid Terapung di Palu yang Roboh Usai TsunamiFoto: dok. istimewa


(aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED