Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 07 Okt 2018 10:50 WIB

TRAVEL NEWS

Keren! Bandara Ngurah Rai Kini Punya Ikon Beraksara Bali

Peresmian nama Bandara Ngurah Rai dalam aksara Bali (dok. Istimewa)
Denpasar - Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai kini punya ikon baru. Ikon itu berupa nama Bandara Ngurah Rai yang ditulis dalam aksara Bali. Keren!

Peresmian ikon Bandara Ngurah Rai dalam aksara Bali itu digelar Jumat (5/10) malam. Ikon ini dipasang di Terminal Keberangkatan Domestik Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai.

Hadir dalam acara tersebut Gubernur Bali Wayan Koster, Wagub Bali Cok Oka Artha Ardhana Sukawati dan GM Bandara Ngurah Rai Yanus Suprayogi.

Ikon itu dipasang sejalan dengan adanya Instruksi Gubernur Bali Nomor 2331 Tahun 2018 tentang Pelaksanaan Peraturan Gubernur Bali Nomor 79 Tahun 2018 tentang Hari Penggunaan Busana Adat Bali dan Peraturan Gubernur Bali Nomor 80 Tahun 2018 tentang Perlindungan dan Penggunaan Bahasa, Aksara, dan Sastra Bali serta penyelenggaraan Bulan Bahasa Bali Secara Serentak di seluruh Bali.

Sebelum adanya Pergub tersebut, Bandara Ngurah Rai cukup lama menggunakan Bahasa Bali sebagai bahasa yang digunakan dalam pengumuman status penerbangan atau flight status announcement di Terminal Keberangkatan.

Selain itu, di Bandara Ngurah Rai juga ditampilkan berbagai ornamen dan berbagai benda kesenian khas Bali, penggunaan Busana Adat Bali oleh Customer Service Officer, serta pengaplikasian arsitektur khas Bali dalam bangunan Terminal Bandar Udara.

Yanus menyambut baik penggunaan aksara Bali di lingkungan kerjanya. Dia berharap hadirnya aksara Bali itu akan menambah unsur kebudayaan di Bandara Ngurah Rai.

"Selaku Bandar Udara yang merupakan hasil peleburan antara nilai-nilai modern dan tradisional, sudah barang tentu kami menyambut baik dan sangat mendukung tentang penggunaan Aksara Bali di Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai," ujar Yanus dalam keterangannya pada detikTravel, Jumat (5/10/2018) malam.

(dok. Istimewa)(dok. Istimewa) Foto: undefined


"Dengan penggunaan Aksara Bali ini tentu akan menambah aura kebudayaan dan aura positif Bandar Udara. Kami berharap berkah akan bertambah," sambungnya.

Di lokasi yang sama, Koster juga mengapresiasi manajemen bandara atas kesediaannya untuk menggunakan aksara Bali. Terlebih, banyak turis mancanegara masuk ke Bali melalui Bandara Ngurah Rai.

"Sebagai pintu masuk ke Pulau Bali, sudah semestinya Aksara Bali dilestarikan penggunaannya. Saya sangat mengapresiasi Manajemen Bandar Udara untuk kesediaannya. Semoga Bandar Udara ini selalu mampu menjadi pelopor pelestarian kebudayaan luhur Bali," ujar Koster.

Untuk diketahui, Bandara Ngurah Rai sudah cukup lama menggunakan bahasa Bali dalam pengumuman status penerbangan di Terminal Keberangkatan. Selain itu, ada berbagai ornamen dan benda kesenian khas Bali, serta arsitektur khas Bali di Bandara Ngurah Rai. Adanya signange aksara Bali, membuat Bandara Ngurah Rai ini jadi Bali banget.



(wsw/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA