Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 11 Okt 2018 17:50 WIB

TRAVEL NEWS

Gili Lombok Pemulihan, Kekurangan Material Bangunan Hingga Tukang

Ahmad Masaul Khoiri
detikTravel
Ilustrasi kondisi Gili Trawangan di Lombok, NTB (Harianto Nukman/detikTravel)
Ilustrasi kondisi Gili Trawangan di Lombok, NTB (Harianto Nukman/detikTravel)
Jakarta - Tiga gili di Lombok, NTB memang sempat mengalami masa sulit selepas gempa. Kini, di sana sedang pemulihan namun masih kekurangan material juga tukang.

Hal itu diungkapkan Kadispar NTB, Lalu M Faozal pada detikTravel dalam sambungan telepon, Kamis (11/10/2018). Keadaan gili saat ini menuju normal agar bisa melayani wisatawan kembali.

"Gili saat ini sudah menuju normal. Jadi ya relatif membaik. Tapi kesulitan kami saat ini masih kekurangan bahan bangunan, pekerjanya, hingga tukang," kata Faozal.

Faozal menjelaskan bahwa semua akses ke tiga gili Lombok sudah dibuka kembali. Meski sepertiga dan termasuk penginapan di sana mengalami kerusakan, ia menjamin kesiapannya.

"Kalau soal akses ke gili kita sudah terbuka. Meski kemarin semua amenitas mengalami dampak kerusakan. Kita perlu proses karena kerusakan akibat gempa mencapai 30 persen," jelas dia.

BACA JUGA: Alhamdulillah, Wisatawan Berdatangan Lagi ke Gili Trawangan

Diberitakan sebelumnya, beberapa fastboat besar telah mengangkut wisatawan ke Gili Trawangan pada Selasa (9/10) kemarin. Aktivitas demikian meski dijaga pihak terkait untuk kelangsungan wisata Lombok.

Pelan tapi pasti, kunjungan wisatawan ke Gili Matra (Gili Meno, Gili Air, dan Gili Trawangan) Lombok mulai berangsur pulih. Setidaknya penampakan kunjungan wisatawan meningkat 40,2% di bulan September.

"Alhamdulillah baik dan setiap hari kondisinya membaik menuju ke arah yg sangat signifikan," ungkap Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Utara, Muhammad dalam kesempatan berbeda.

Jumlah kunjungan wisatawan yang datang ke Gili Matra terbukti dari angka kunjungan wisatawan dari fastboat sejumlah 2.851 orang di bulan Agustus. Angka kunjungan yang menggembirakan itu terus meningkat menjadi 14.307 orang di bulan September yang lalu. (msl/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED
Pesona Asia

Pagi Bromo!

Selasa, 20 Nov 2018 08:30 WIB

Inilah saat pagi menyapa kawasan TNBTS. Kumpulkanlah memori saat melakukan perjalanan ke sana ya.