Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 13 Okt 2018 17:10 WIB

TRAVEL NEWS

Promosi Wisata Jateng, BTMX 2018 Digelar di Magelang

Pertiwi
detikTravel
Foto:  BTMX di Magelang (Pertiwi/detikTravel)
Foto: BTMX di Magelang (Pertiwi/detikTravel)
Magelang - Borobudur Travel Mart & Expo diadakan di Magelang. Acara ini menjadi salah satu langkah Disporapar Jateng dan BPPD untuk mempromosikan pariwisata Jateng.

Untuk mendongkrak promosi destinasi wisata di Jawa Tengah, Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Jawa Tengah bekerjasama dengan Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) menggelar Borobudur Travel Mart & Expo (BTMX). Tahun ini merupakan gelaran BTMX ke-24 kalinya.

"BTMX merupakan sebuah event business to business (B2B) dan juga expo/business to customer (B2C) yang terbuka untuk masyarakat umum. Event ini dikenal sebagai event travel mart berskala internasional terlengkap di Jawa Tengah," jelas Ketua Panitia Penyelenggara BTMX, Sugeng Sugiantoro, dalam konferensi pers di Hotel Artos Magelang, Sabtu (13/10/2018).

Sugeng menyebutkan, tahun ini, BTMX dilaksanakan di Magelang dan akan berlangsung selama 3 hari, yakni 12-15 Oktober 2018.

"Event ini didesain agar seller di Jateng bisa lebih agresif menjual semua potensi wisata di Jateng dan sekitarnya. Para buyer juga diharapkan lebih mengerti dan paham dengan produk-produk di Jateng sehingga mau mempromosikan dan menjualnya," ungkap Sugeng.

Selama tiga tahun terakhir, lanjut Sugeng, jumlah buyer maupun seller terus mengalami kenaikan. Tahun 2016, jumlah seller mencapai 38 booth dengan 65 delegates dan buyer 57 delegates.

Tahun 2017 seller mencapai jumlah 80 delegates dan buyer 63 delegates. Sedangkan tahun 2018 ini, jumlah seller mencapai 83 delegates dan buyer 83 delegates.

"Sesuai permintaan sellers, untuk BTMX tahun ini kami hadirkan lebih banyak buyers dalam negeri. Mereka adalah pengusaha biro wisata dari Jakarta, Bekasi, Bandung, Cirebon, dan lainnya. Sedangkan buyer dari luar negeri di antaranya Singapura, Malaysia, dan Kantor Perwakilan Spanyol di Jakarta," urai Sugeng.

(Pertiwi/detikTravel)(Pertiwi/detikTravel)
Dia menyebutkan, target transaksi yang dihasilkan dari BTMX tahun 2018 ini sebesar Rp 7,4 miliar atau naik sekitar 15 persen dari tahun 2017 sebesar Rp 6,3 miliar. Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Jateng, Urip Sihabudin menambahkan, angka kunjungan wisatawan ke Jateng terus mengalami peningkatan.

"Tahun 2016 angka kunjungan wisatawan ke Jateng mencapai 34,6 juta kemudian naik menjadi 41 juta di tahun 2017. Tahun 2018 ini kita targetkan kembali naik menjadi 45 juta," ungkap Urip.

Sejumlah upaya untuk mendongkrak angka kunjungan wisatawan dilakukan oleh Disporapar, termasuk menggandeng BPPD untuk melaksanakan BTMX.

"Kita juga mengikuti beberapa travel mart di negara-negara tetangga untuk promosi dan selling, sekaligus jemput bola wisatawan," terang Urip. (krn/krn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED