Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 19 Okt 2018 18:55 WIB

TRAVEL NEWS

Ini Cara Kemenpar Angkat Kekayaan Kuningan ke Tingkat Global

Robi Setiawan
detikTravel
Tour De Linggarjati 2016/Foto: ANTARA FOTO/Dedhez Anggara
Tour De Linggarjati 2016/Foto: ANTARA FOTO/Dedhez Anggara
Jakarta - Keindahan alam dan keistimewaan wisata juga budaya Jawa Barat (Jabar) memang juara, termasuk di dalamnya Kabupaten Kuningan. Selain Gunung Ciremai, Kuningan juga memiliki destinai wisata menarik lainnya yang sayang untuk dilewatkan.

Pada tahun ini, kekayaan Kuningan akan lebih dieksplore lewat Tour de Linggarjati (TdL) 2018 yang akan digelar pada 26-28 Oktober. Sekretaris Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Ukus Kuswara menyebut TdL 2018 merupakan cara untuk membawa Kabupaten Kuningan ke dunia global.

"Kabupaten Kuningan memiliki potensi yang luar biasa yang layak untuk dikembangkan. Kemenpar memiliki kewajiban untuk memperkenalkan potensi-potensi itu. Salah satunya lewat event sport tourism yang selama ini terbukti ampuh mempromosikan pariwisata di berbagai daerah di Indonesia," ujar Ukus dalam keterangan tertulis, Jumat (19/10/2018).


Kuningan merupakan paket lengkap wisata alam. Hampir semua fenomena alam ada di Kuningan. Dari mulai air terjun yang cantik, perbukitan yang eksotik, hingga taman wisata alam yang instagramable menjadikan destinasi wisata di Kuningan layak didatangi.

Seperti daerah lain di Jabar, Kuningan juga punya berbagai budaya yang memukau. Seperti upacara adat, serta budaya Sunda yang masih melekat kuat dalam kehidupan sehari-hari masyarakatnya.

"Bukan itu saja. Kuningan juga memiliki berbagai destinasi wisata sejarah, seperti Gedung Perjanjian Linggarjati. Makanya dengan berbagai keunggulan ini, Kuningan memang layak menuju pentas global," ungkap Ukus.


Sementara itu, Kabid Pemasaran Area I Kemenpar Wawan Gunawan menambahkan saat ini Kuningan pun telah mempunyai aksesibilitas yang sangat baik. Dari Jakarta wisatawan tinggal menuju Tol Cipali. Perjalanan Jakarta-Kuningan hanya memakan waktu 3,5 jam.

Selain Tol Cipali, akses juga bisa melalui Tol Cisumdawu dan Bandara Internasional Kertajati yang akan memudahkan wisatawan berkunjung ke Kabupaten Kuningan.

"Letak Kuningan sangat strategis. Dari Cirebon hanya berjarak 25 km. Jika lancar hanya memakan waktu 45 (menit). Apa lagi kini juga Bandara Internasional Kertajati di Majalengka yang berbatasan langsung dengan Kuningan," ungkap Wawan.

Lebih lanjut, Asisten Deputi Pemasaran I Regional II Kemenpar Sumarni mengatakan Kuningan memiliki fasilitas lengkap. Di Kuningan banyak tempat seru, asyik, dan berkualitas untuk tempat santai.

Selain itu, lebih asyik lagi karena tempat-tempat tersebut memiliki berbagai macam kuliner tradisonal dan modern yang mampu memanjakan lidah.

Dari sisi penginapan, Kuningan juga terbilang sudah lengkap, mulai dari hotel berbintang hingga homestay semuanya ada.

Hebatnya lagi, Kuningan memiliki Desa Cibuntu, yaitu salah satu desa wisata terbaik di Jabar yang meraih penghargaan tingkat nasional. Bahkan desa ini dinobatkan sebagai desa wisata terbaik urutan lima tingkat ASEAN pada 2016 untuk bidang homestay. (ega/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED
Pesona Asia

Pagi Bromo!

Selasa, 20 Nov 2018 08:30 WIB

Inilah saat pagi menyapa kawasan TNBTS. Kumpulkanlah memori saat melakukan perjalanan ke sana ya.