Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Sabtu, 27 Okt 2018 16:35 WIB

TRAVEL NEWS

Praktisnya Pergi ke Singapura - Johor Baru Naik Kereta

Adi Fida Rahman
detikTravel
Suasana kereta api dari Singapura menuju Johor Bahru (Adi/detikTravel)
Singapura - Jika kamu punya rencana pergi ke Johor Baru dari Singapura, cobalah naik kereta. Tidak saja terhindar dari macet, opsi ini cukup praktis.

Kereta api ini dioperasikan oleh KTMB (Kereta Tanah Melayu Berhat). Beropersi setiap setengah jam sekali, menghubungkan Woodlands CIQ (Singapura) dan JB Sentral ( Malaysia). Hanya butuh 5-10 menit perjalanan dengan harga tiket 5 SGD atau sekitar Rp 55 ribu.

Pembelian tiket dapat dilakukan secara langsung dengan menunjukan paspor. Tapi disarankan membeli secara online agar tidak kehabisan mengingat hanya empat gerbong yang beroperasi dan banyak orang lokal menggunakan transportasi ini.

Kamu bisa membeli tiket secara online di website https://www.ktmb.com.my. Atau bisa pula melalui https://wwwmeasybook.com. Tidak perlu kartu kredit, bisa dengan transfer dari bank Indonesia.

Berangkat dari OrchardBerangkat dari Orchard juga bisa (Adi/detikTravel)
Lantas bagaimana cara menaiki kereta ini? Ambil contoh kamu berangkat dari Orchard, naiklah MRT dari stasiun Orchard ke Marsiling. Setibanya di stasiun ini lanjut dengan bus nomor 856 dan 950 ke Woodland Train Checkpoint.

Jika kamu kuat bisa berjalan kaki. Jaraknya dari stasiun MRT Marsiling ke Woodland Train Checkpoint hanya 1,5 km. Disarankan tibalah minimal 30 menit sebelum pemberangkatan.

Setibanya di halte, segera langkahkan kaki ke gedung Woodland Train Checkpoint. Tapi jangan langsung ke lantai 2. Masuk ke area tiket di lantai dasar. Di sini kamu bisa beli tiket langsung dan memvalidasi tiket online. Setelahnya barulah menuju ke lantai 2 untuk menunggu kereta.

Tiketnya seperti iniTiketnya seperti ini (Adi/detikTravel)
Saat sebelum masuk ke gerbong kereta, kita akan masuk ke gate imigrasi. Di sinilah enaknya, jalur untuk penumpang kereta dikhususkan sendiri, tidak campur dengan penumpang bus yang membuat waktu menunggu jadi lebih lama. Selain itu imigrasi Singapura dan Malaysia berada dalam satu tempat.

Setelah urusan imigrasi beres, kita dapat masuk ke kereta. Kita dapat bebas menempati duduk yang diinginkan atau yang tersisa. Kondisi gerbong sendiri cukup baik. Kursi nyaman diduduki, cukup adem dan tersedia toilet.

Lima menit perjalanan, kereta tiba di JB Sentral. Begitu keluar pintu stasiun, kamu dapat langsung ke City Square karena jaraknya begitu dekat. Atau bisa langsung menjelajahi kota Johor Baru. Senoga bermanfaat. (rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA