Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 30 Okt 2018 07:20 WIB

TRAVEL NEWS

Belitung Memang Indah, Tapi...

Afif Farhan
detikTravel
Pantai di Belitung (Afif Farhan/detikTravel)
Pantai di Belitung (Afif Farhan/detikTravel)
Belitung - Belitung punya segala keindahan, dari alam sampai kuliner yang menggoyang lidah. Tapi, ada yang kurang.

"Sebenarnya Belitung sudah bagus, khususnya bagi wisatawan domestik, terkenal dengan sebutan Negeri Laskar Pelangi. Lebih dari itu, adalah soal geopark," kata Menteri Pariwisata Arief Yahya pada awak media saat kunjungan ke KEK Tanjung Kelayang, Belitung, Senin (29/10/2018) sore kemarin.

Belitung sendiri sudah menjadi geopark nasional di tahun 2017 kemarin. Seperti tertulis di website Dinas Pariwisata Kabupaten Belitung, Belitung memiliki unsur-unsur terbentuknya suatu geopark yaitu unsur geodiversity (keragaman geologi seperti batuan, fosil dan bentang alam), biodiversity (keragaman biologi mencakup unsur flora dan fauna) dan culturaldiversity (mencakup unsur budaya pada masa lalu dan masa kini yang dihasilkan oleh manusia).


"Memang sudah menjadi geopark nasional, tapi menjual Belitung harus dengan UGG (UNESCO Global Geoparks). Jadikan geopark dunia," kata Arief.

"Kalau mau jadi destinasi kelas dunia, maka harus punya atraksi kelas dunia," tambahnya.

Arief mencontohkan geopark Danau Toba yang sudah mendunia. Danau Toba dikenal sebagai salah satu danau vulkanik terbesar di dunia, dengan sejarah, keindahan alam dan budaya masyarakatnya dapat menarik perhatian turis mancanegara.

"Semoga tahun 2019, Belitung sudah bersertifikat UGG," tutup Arief.




Tonton juga 'Unik, di Belitung ada Pulau yang Menyerupai Bentuk Burung':

[Gambas:Video 20detik]

(aff/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED