Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 04 Nov 2018 08:25 WIB

TRAVEL NEWS

Bangkit dari Gempa, 42 Teater Pelajar Berebut Piala Gubernur NTB

Harianto Nukman
detikTravel
Foto: Penampilan sanggar teater pelajar di NTB (Hari/detikTravel)
Foto: Penampilan sanggar teater pelajar di NTB (Hari/detikTravel)
Mataram - Bangkit dari gempa bumi, 42 sanggar teater remaja akan berkompetisi memperebutkan Piala Gubernur NTB. Mereka akan mementaskan naskah bertemakan gempa.

Pengalaman merasakan bencana gempa bumi menjadi salah satu inspirasi bagi beberapa sanggar teater pelajar SMA di NTB yang akan tampil dalam Festival Teater Modern Pelajar ke-20.

Tahun ini, Unit Kegiatan Mahasiswa Teater Putih FKIP Universitas Mataram kembali menggelar Festival Teater Modern Pelajar (FTMP) SMA se-NTB. Festival ini menjadi ajang yang cukup bergengsi di kalangan pelajar sejak pertama kali digelar tahun 1999 silam.

Semua kabupaten dan kota di NTB ikut serta mewakili tiap daerahnya dalam festival tahun ini. Sebanyak 42 sanggar SMA dan MA yang akan unjuk kreativitas mereka merespons fenomena sosial untuk menampilkannya ke dalam bentuk pertunjukan teater pada 6-17 November mendatang. Tema garapan teater yang menjadi titik singgung dari sanggar sekolah ini pun beragam.

"Dari naskah yang akan dipentaskan, banyak peserta mengangkat masalah bencana gempa bumi yang terjadi di NTB kemarin dan banyak juga yang mengangkat tradisi atau budaya lokal," ungkap Hidayatullah, Ketua Teater Putih, Sabtu (3/11/2018).

Bangkit dari Gempa, 42 Teater Pelajar Berebut Piala Gubernur NTBFoto: Harianto/detikTravel


Ada 11 kategori kejuaraan yang akan diperebutkan oleh peserta, yaitu Penyaji Terbaik I, II, dan III, Penyutradaraan Terbaik, Aktor dan Aktris Terbaik, Aktor dan Aktris Pembantu Terbaik, Penata Artistik Terbaik, Penata Musik Terbaik, dan peserta Pendatang Baru Terbaik.

Setiap sanggar diberikan durasi pementasan maksimal 60 menit. Peserta dibebaskan memilih sendiri naskah lakon yang akan dipentaskan dengan catatan bergenre realis konvensional.

Bangkit dari Gempa, 42 Teater Pelajar Berebut Piala Gubernur NTBFoto: Harianto/detikTravel


Festival Teater ini akan memperebutkan Piala Bergilir Gubernur NTB dan berlangsung di Taman Budaya Provinsi NTB.

Terbukti dari tahun ke tahun, sejak pertama kali diadakan festival ini menjadi satu-satunya ajang kesenian teater yang mempertemukan sanggar-sanggar sekolah di NTB.

Penonton yang hadir pun selalu memenuhi ruang gedung pertunjukan selama kegiatan festival berlangsung. (wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
NEWS FEED