Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 04 Nov 2018 19:44 WIB

TRAVEL NEWS

Menpar Ingin Promosi Danau Toba Terus Dilakukan

Moch Prima Fauzi
detikTravel
Foto: Dok Kemenpar
Foto: Dok Kemenpar
Jakarta - Danau Toba disebut menjadi destinasi prioritas yang didorong oleh pemerintah untuk menggaet wisatawan. Untuk itu Menteri Pariwisata Arief Yahya menginginkan agar promosinya gencar dilakukan.

"Sebagai destinasi prioritas, promosi harus terus dilakukan. Karena kita berharap Danau Toba bisa menghadirkan lebih banyak wisatawan mancanegara dengan bandara yang sudah standar internasional," ungkapnya dalam keterangan tertulis, Minggu (4/11/2018).

Sebagai salah satu upaya mempromosikan Danau Toba kepada masyarakat, pada kegiatan car free day hari ini di JL, MH Thamrin, Jakarta, dibuka ajang Pesona Danau Toba. Sejumlah komunitas pun berkumpul. Catat di Park and Ride samping Sari Pan Pacific Hotel.

"Agenda Car Free Day Pesona Danau Toba ini kan digelar untuk semakin memperkenalkan Danau Toba. Ini loh destinasi prioritas Indonesia. Dan komunitas bisa mengangkat dan memperkenalkannya," tutur Ketua Tim Percepatan 10 Destinasi Prioritas Kementerian Pariwisata Hiramsyah Thaib.

Dia menjelaskan beberapa komunitas yang diundangan dalam acara tersebut adalah komunitas Zumba, Indosweat Camp, Indorunner, Runhood, Backpacker Indonesia, dan Komunitas Food Truck Jakarta.

Ada juga Komunitas Jalan Pendaki, Hits Pemuda Batak, Bintaro Loop, Kompasiana, Kelas Pagi Jakarta, Historia, Komunitas Seni Budaya Batak, Kulinervidgram, dan Backpacker Medan.

Ia berharap komunitas tersebut bisa mengeksplorasi Danau Toba dan mengangkat Danau Toba sesuai minat mereka.

"Makanya komunitas yang kita libatkan sangat beragam. Ada pecinta alam, budaya, komunitas online dan lain-lain. Kita berharap mereka bisa memperlihatkan kepedulian dengan mengangkat destinasi ini dengan cara mereka," katanya.

Sementara itu Kepala Badan Pengelola Otoritas Danau Toba (BPODT) Arie Prasetyo mengungkapkan ajang car free day ini merupakan sarana yang pas untuk memperkenalkan wisata Danau Toba kepada komunitas.

"Danau Toba memiliki banyak keindahan. Lewat Car Free Day, kita akan memanfaatkan itu. Kita kenalkan ke komunitas seperti apa Danau Toba," tuturnya.

Ia mengugkapkan Danau Toba memiliki paket lengkap untuk berwisata. Ada alam, budaya, dan kuliner. Jika ingin menikmati keindahan Danau Toba dengan sudut terbaik, lanjut dia, wisatawan bisa berkunjung ke Menara Pandang Tele. Kombinasi Gunung Pusuk Buhit dan biruanya air danau jadi pemandangan foto terbaik.

Wisatawan juga bisa menikmati Museum Huta Bolon Simanindo. Spot wiata ini memiliki nuansa tradisional yang kuat dengan benteng dan tanaman bambu. Ia bercerita kalau kawasan ini dahulunya didiami oleh raja. Hingga kini, Pesta Adat Mangalahat Horbo masih dilestarikan. Wisatawan juga bisa menikmati Tarian Batak Tradisional setiap harinya.

Destinasi lainnya adalah Batu Kursi Siallagan. Destinasi ini menjadi gambaran bagaimana hukum adat ditegakan. Di sini, wisatawan bisa mendapatkan gambaran bagaimana proses eksekusi hukuman mati orang yang dinilai bersalah. (ega/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED