Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 08 Nov 2018 19:30 WIB

TRAVEL NEWS

Hati-hati Beli Benda Antik di Turki, Bisa Dipenjara!

Wahyu Setyo Widodo
detikTravel
Foto: Ilustrasi pedagang barang antik di Grand Bazaar Turki (Getty Images)
Foto: Ilustrasi pedagang barang antik di Grand Bazaar Turki (Getty Images)
Istanbul - Hati-hati kalau mau beli suvenir benda antik jika liburan ke Turki. Salah-salah, kamu bisa dipenjara!

Sudah lazim jika traveler membeli souvenir untuk dibawa pulang saat traveling ke luar negeri. Dari kerajinan seni yang khas sampai benda antik yang bisa buat pajangan di rumah sebagai kenangan kita pernah traveling ke negara tersebut.

Nah, jika traveler liburan ke Turki, kalian mesti hati-hati ya. Jangan pernah membeli benda antik di sana untuk dibawa pulang karena akibatnya traveler bisa dipenjara.

Dihimpun detikTravel dari beberapa sumber, Kamis (8/11/2018), ada aturan yang mengatur soal larangan membeli benda antik ini.

"Barangsiapa memiliki, menjual dan mengekspor benda antik di Turki merupakan perbuatan melawan hukum dan terancam hukuman penjara 5-12 tahun, dan harus membayar denda," demikian bunyi peraturan tersebut.

Padahal traveler bisa dengan mudah menemukan benda antik dijual di pasar-pasar. Tapi ternyata barang-barang antik ini hanya bisa diperjual-belikan di dalam Turki saja. Tapi dilarang jika diekspor ke luar negeri.

Jika kedapatan membawa barang-barang antik, maka traveler akan berurusan dengan pihak berwajib. Petugas Bea dan Cukai lah yang punya kuasa penuh untuk memutuskan barang antik mana yang bisa dibawa pulang turis asing kembali ke negaranya atau tidak.

Beberapa kasus yang pernah terjadi antara lain, seorang turis asal Inggris bernama Toby Robbins harus tertahan di bandara karena kedapatan memiliki koin antik yang dia temukan saat sedang snorkeling.

Otoritas Turki di Bodrum menyatakan bahwa koin tersebut adalah artefak bersejarah. Mau tidak mau turis ini ditahan dam dipenjara di Turki karena melanggar aturan tersebut. Hati-hati ya traveler! (wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED