Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 11 Nov 2018 18:40 WIB

TRAVEL NEWS

Begini Kehebohan Barapan Kebo di Sumbawa

Faruk Nickyrawi
detikTravel
Foto: Barapan Kebo di Pulau Sumbawa (Kominfo KSB)
Sumbawa - Kalau di Madura ada Karapan Sapi, Sumbawa punya lomba tradisional pacuan kerbau. Namanya Barapan Kebo.

Barapan Kebo atau Karapan Kerbau merupakan permainan rakyat yang ada di Pulau Sumbawa, tepatnya di Kabupaten Sumbawa Besar dan Kabupaten Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat. Barapan Kebo merupakan suatu tradisi masyarakat agraris Sumbawa, termasuk Sumbawa Barat yang hingga kini masih hidup di Tanah Samawa.

Pada Minggu (11/11/2018) sore, Barapan kebo digelar dalam rangkaian acara memperingati HUT Kabupaten Sumbawa Barat yang ke-15. Ada yang berbeda perhelatan kali ini, jika sebelumnya digelar di persawahan warga, namun kini digelar di sirkuit atau arena khusus.

Ada puluhan peserta yang mengikuti kegiatan ini. Seperti biasa, kerbau-kerbau tangguh telah siapkan untuk ikut dalam perlombaan. Sepasang kerbau disatukan dengan noga yang menempel di pundaknya.

Noga adalah istilah dalam Barapan Kebo yang digunakan untuk mengikat kedua kerbau agar bisa beriringan berlari kencang dalam kubangan lumpur. Siapa yang tercepat maka dialah yang menjadi pemenangnya.

Menurut cerita warga Sumbawa, ajang Barapan Kebo ini merupakan acara selamatan yang muncul dari tradisi bertani masyarakat Tanah Samawa menjelang musim tanam, dengan harapan hasil pertanian bisa berlipat-lipat.

(Kominfo KSB)(Kominfo KSB)


(Kominfo KSB)(Kominfo KSB)
(krn/krn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA