Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 14 Nov 2018 16:15 WIB

TRAVEL NEWS

Ada New Zealand, Apakah Ada Old Zealand?

Shinta Angriyana
detikTravel
Foto: Ilustrasi New Zealand (dok Tourism New Zealand)
Foto: Ilustrasi New Zealand (dok Tourism New Zealand)
Jakarta - Traveler mungkin familiar dengan nama negara Selandia Baru atau New Zealand. Tapi, apakah ada yang namanya Old Zealand?

New Zealand sudah terkenal dengan memiliki keindahan alam dengan mayoritas panorama danau dan poegunungan yang cantik. Orang Indonesia pun tidak jarang ke sana untuk berlibur.

Ada New Zealand, Apakah Ada Old Zealand?Pegunungan gletser di Selandia Baru (Tourism New Zealand)

Sebelumnya, kita kenalan dulu dengan Selandia Baru atau New Zealand. Mengacu pada ensiklopedi Britannica, seperti dilihat detikTravel pada Rabu (14/11/2018) New Zealand ditemukan oleh seorang navigator asal Belanda bernama Abel Janszoon Tasman pada Desember 1642.

Secara geografis, New Zealand terbagi menjadi 2 daratan utama, yakni South Island dan North Island. Abel Janszoon pertama kali menemukan South Island, yang ia namakan Staten Landt, karena ia pikir dirinya sudah sampai di pulau ujung Argentina. Namun ternyata ia kelelahan dan keliru.

Namun, setelah itu dua kartografer (pembuat peta -red) asal Belanda, Hendrik Brouwer dan Joan Blaeu menemukan bahwa pulau tersebut bukan termasuk Amerika Selatan. Jadilah mereka ganti dengan nama Nieuw Zeeland. Zeeland adalah nama sebuah provinsi di Belanda, letaknya di barat laut kota Belgia, sekitar 186 kilometer dari Ibukota Belanda, Amsterdam.

Zeeland, atau Zealand sendiri memiliki arti 'sea land' atau tanah laut. Di Belanda, Zeeland terdiri dari sejumlah pulau serta semenanjung, mirip dengan bentuk Selandia Baru saat ini.

Ada New Zealand, Apakah Ada Old Zealand?Pemandangan Selandia Baru (dok Tourism New Zealand)

Menurut media AS Mental Floss, setelah para WN Belanda melakukan penemuan kemudian, seorang pelaut Inggris melakukan perjalanan besar di tahun 1770-an, untuk memetakan jalur Venus dari Pasifik namun tersesat di Nieuw Zealand. Lalu, ia memetakan sebagian besar garis pantai di daerah tersebut dan mengubah namanya menjadi New Zealand.

Jadi, bisa disimpulkan Selandia Baru atau New Zealand hanyalah sebuah nama. Karena mirip dengan wilayah di Belanda, jadilah diberi tambahan 'baru' karena ditemukan oleh asal negara penemunya.

Banyak yang bertanya-tanya di internet, apakah ada Old Zealand atau dulu New Zealand itu namanya Old Zealand? Dipastikan, tidak ada yang namanya Old Zealand. (sna/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED