Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 16 Nov 2018 17:30 WIB

TRAVEL NEWS

Pertemuan Geopark Se-Indonesia, Warga Diminta Terlibat

Pradito Rida Pertana
detikTravel
Sekretaris Dinpar Kabupaten Gunungkidul, Hary Sukmono (Pradito Rida Pertana/detikTravel)
Sekretaris Dinpar Kabupaten Gunungkidul, Hary Sukmono (Pradito Rida Pertana/detikTravel)
Gunungkidul - Pengelola Geopark se-Indonesia tengah berkumpul di Gunungkidul. Dari pertemuan ini, warga di sekitar geopark diminta terlibat dalam pengelolaan geopark.

Pengelola Geopark se-Indonesia berkumpul di Goa Rancang Kencono, Dusun Mengguran, Desa Bleberan, Playen, Gunungkidul. Pertemuan ini dinilai perlu oleh Dinas Pariwisata (Dinpar) Kabupaten Gunungkidul. Karena masih banyak masyarakat yang belum terlibat dalam pengelolaan Geopark.

"Dengan ini (Pertemuan di Goa Rancang Kencono) semoga semua pihak komitmen agar konsep geopark dijalankan bersama-sama. Artinya komitmen tidak hanya dari sisi Pemerintah tapi juga masyarakat dan juga dan pihak-pihak terkait," kata Sekretaris Dinpar Kabupaten Gunungkidul, Hary Sukmono saat ditemui di Goa Rancang Kencono, Jumat (16/11/2018).

Lanjut Hary, untuk pelibatan masyarakat terkait pengelolaan Geopark Gunung Sewu dianggapnya masih kurang maksimal. Mengingat hanya mencakup masyarakat di sekitar Geoside saja, terlebih guna mewujudkan keseimbangan alam diperlukan peran serta masyarakat luas.

"Kedepan memang pelibatan masyarakat dalam tata pengelolaan Geopark perlu dikuatkan. Jadi tidak hanya masyatakat sekitar Geoside, tapi masyarakat umum juga," ujarnya.

"Karena konsep Geopark itu konsep pembangunan secara berkelanjutan, dan di situ harus ada pelibatan masyarakat umum secara kongkrit untuk menjaga kawasan Geopark," imbuhnya.

Ditambahkannya, dengan melibatkan masyarakat umum di luar Geosite, bukan tidak mungkin sinergitas dalam pengelolaan dan penjagaan Geopark secara kongkrit segera terwujud.

"Selain itu, konsepnya (Geopark) kan mengembangkan potensi sumber daya alam untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat," pungkasnya.


Tonton juga 'Keren! Peringatan Sumpah Pemuda dari Kaldera Gunung Bromo':

[Gambas:Video 20detik]

Pertemuan Geopark Se-Indonesia, Warga Diminta Terlibat
(bnl/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED