Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 23 Nov 2018 18:30 WIB

TRAVEL NEWS

Terus Berbenah, Sumsel Raih Juara Umum Anugerah Pesona Indonesia 2018

Raja Adil Siregar
detikTravel
Pariwisata Sumsel meraih juara umum di API 2018 (dok Dinas Pariwisata Sumsel)
Pariwisata Sumsel meraih juara umum di API 2018 (dok Dinas Pariwisata Sumsel)
Jakarta - Sumatera Selatan semakin populer dengan pariwisatanya. Hal itu dibuktikan lewat gelar juara umum di Anugerah Pesona Indonesia (API) 2018.

Gelar dan piala juara umum API 2018 ini diterima langsung oleh Kadis Pariwisata Sumsel, Irene Camelyn Sinaga di malam puncak acara API 2018 di Hotel Grand Sahid, Jakarta, Kamis kemarin (22/11).

Piala dan juara umum sendiri diserahkan langsung Asisten Deputi Pengembangan Pemasaran I Regional Kemenpar, Masruroh. Tentu saja, raihan prestasi ini makin menambah prestasi pariwisata di Bumi Sriwijaya.

"Penghargaan 2018 ini menjadi capaian tertinggi Sumsel sejak penyelenggaraan API tiga tahun lalu. Tahun pertama API, Pempek berhasil mendapatkan juara III kategori hidangan tradisional terpopuler," ujar Irene Cemelyn kepada detikTravel di Palembang, Jumat (23/11/2018).

Kadispar Sumsel, Irene Camelyn SinagaKadispar Sumsel, Irene Camelyn Sinaga (dok Dinas Pariwisata Sumsel)
Setahun setelah prestasi diraih, Sumsel sempat gagal mendapatkan juara pada ajang API tahun 2017. Dinas Pariwisata pun kembali berbenah untuk mengejar nominasi di tahun ini.

Terbukti pada API 2018, dari 18 kategori yang dilombakan, pariwisata di Sriwijaya berhasil masuk nominasi tujuh kategori. Baik itu kuliner, pariwisata halal hingga kampung adat Al-Munawar dan tersebar di 17 kabupaten/kota di Sumsel.

"Untuk juara I Sumatera Selatan berhasil meraih kategori wisata halal terpopuler yaitu, Alquran Al Akbar Kota Palembang. Kategori kampung adat terpopuler juga ada di Kampung Al-Munawar di Kota Palembang dan juara I kategori wisata kreatif terpopuler datang dari Pelancu di Kabupaten Lahat," kata Irene.

Pada empat kategori lainnya, pariwisata Bumi Sriwijaya berhasil meraih juara II untuk kategori dataran tinggi terpopuler, seperti Gunung Dempo Kota Pagaralam, kategori objek wisata unik terpopuler di Taman Nasional Sembilang Banyuasin.

Selanjutnya ada pula kategori pariwisata olahraga dan petualangan terpopuler di Mountain Bike Bukit Sulap yang terletak di Lubuklinggau dan terakhir kategori promosi pariwisata digital terpopuler, Pesona Sriwijaya, baik di Instagram dan Twitter Provinsi Sumatera Selatan.

Segenap jajaran Disbudpar Sumsel dan perwakilan KemenparSegenap jajaran Disbudpar Sumsel dan perwakilan Forum Pesona Sriwijaya (dok Dinas Pariwisata Sumsel)
Tak puas begitu saja, Irene mengaku jika saat ini pihaknya masih terus berbenah. Mengigat masih banyak potensi wisata yang akan terus digali di semua daerah, baik wisata alam, kuliner hingga pakaian khas daerah.

"Potensi lain pasti masih banyak, Sumsel punya 709 destinasi yang tersebar di 17 kabupaten/kota. Saya berharap daerah yang memiliki destinasi bisa lebih fokus menggarap destinasi unggulan di daerah masing-masing," kata Irene.

"Strategi kemenangan untuk tahun depan harus segera di susun dari sekarang, jadi 18 kategori bisa direbut kembali supaya bisa jadi juara umum. Kalau ini semakin popular, tentunya akan semakin banyak wisatawan yang melirik Pariwisata kita," tutupnya. (rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED