Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 28 Nov 2018 16:35 WIB

TRAVEL NEWS

Antara Tabebuya Surabaya dan Jacaranda Australia, Cantik Mana?

Syanti Mustika
detikTravel
Pohon Jacaranda di Gold Coast (Melisa/detikTravel)
Pohon Jacaranda di Gold Coast (Melisa/detikTravel)
Surabaya - Jalanan di Surabaya dan Gold Coast Australia sedang cantik-cantiknya dihiasi bunga mirip sakura. Di antara keduanya, lebih cantik yang mana ya?

Memasuki musim penghujan, warga Surabaya disuguhkan pemandangan bunga-bunga di sepanjang trotoar dan jalan-jalan protokol. Pemandangan tersebut menjadi buah bibir warganet.

Perlu traveler ketahui, ini bukanlah Bunga Sakura, namun sebenarnya adalah bunga dari Pohon Tabebuya. Tabebuya ketika mekar mempunyai 3 warna yakni kuning, putih, dan merah muda.

Pohon Tabebuya di Surabaya (Amir Baihaqi/detikTravel)Pohon Tabebuya di Surabaya (Amir Baihaqi/detikTravel)

Dari informasi yang dikumpulkan detikTravel, Rabu (28/11/2018) salah satu jalan protokol yang sempat dipenuhi dengan Bunga Tabebuya yakni di sepanjang Jalan Raya Darmo. Hampir setiap trotoar dan pinggiran jalan raya dipenuhi dengan bunga yang warna putih dan merah muda itu. Cantik!

Pohon Tabebuya di Surabaya berbunga di bulan Oktober dan November. September sudah Mekar tapi tidak seberapa. Memasuki bulan Januari sudah habis bunganya karena berguguran.
 (Amir Baihaqi/detikTravel) (Amir Baihaqi/detikTravel)


Pemandangan jalan berbunga juga dinikmati oleh warga Gold Coast, Australia. Saat berkunjung beberapa waktu lalu, detikTravel disuguhkan pemandangan jalan yang ditumbuhi oleh pohon berbunga ungu.

Pohon setinggi 5 sampai 15 meter ini jika dilihat sekilas memang mirip pohon sakura karena bentuk bunganya yang kecil dan tumbuh berkelompok. Namun ternyata bukan Bunga Sakura, orang Australia menyebut pohon bunga ini dengan nama Pohon Jacaranda.

Kelopak daun bunga yang berjatuhan membuat suasana di sepanjang jalan menjadi lebih indah. Asyiknya, bunga berwarna ungu ini tak hanya tumbuh di kota Gold Coast saja lho.

Pohon Jacaranda di Gold Coast (Melisa/detikTravel)Pohon Jacaranda di Gold Coast (Melisa/detikTravel)


Jacaranda juga ditanam di berbagai kota di Australia. Mulai dari Brisbane, Sydney, Perth, Adelaide dan masih banyak lagi. Jacaranda dimanfaatkan untuk mempercantik area komersil di kota besar.

Contohnya bisa traveler temui di di Brisbane River dan New Farm, Brisbane, Australia. Karena kecantikannya, warga lokal banyak yang memanfaatkan momen bunga mekar ini untuk melangsungkan pernikahan.

 Cantiknya si Jacaranda (Melisa/detikTravel) Cantiknya si Jacaranda (Melisa/detikTravel)


Waktu paling tepat untuk melihat Australia berubah menjadi ungu adalah saat musim semi tiba, yaitu pada bulan September hingga November.

Walau berada di negara berbeda, keindahan dari pohon berbunga di Surabaya dan Gold Coast punya pesona masing-masing. Menurut traveler, lebih cantik yang mana?



(sym/krn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA