Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 17 Des 2018 16:35 WIB

TRAVEL NEWS

Inilah Maskapai Paling Ramah Lingkungan 2018

Ahmad Masaul Khoiri
detikTravel
Pesawat TUI Airways (CNN Travel)
Pesawat TUI Airways (CNN Travel)
Jakarta - Dunia penerbangan jadi salah satu penyumbang polusi terbesar. Berbagai upaya dilakukan untuk mengurangi dan inilah maskapai terramah lingkungan.

Melansir CNN Travel, Senin (17/12/2018), maskapai manakah yang paling efisien mengelola CO2? Kelompok lingkungan nirlaba Atmosfair mengeluarkan Airline Index 2018.

Organisasi dari Jerman ini telah membuat peringkat emisi karbon dari maskapai global per kilometer, dihitung dari jenis pesawat yang dipakai, kapasitas tempat duduk hingga kargonya. Peringkat tertinggi adalah maskapai penerbangan yang membawa sebanyak mungkin penumpang ke dalam pesawat.

Selain itu, terdapat pula maskapai yang menggunakan pesawat terbaru yang menggunakan lebih sedikit bahan bakar. Pesawat ini terutama jenis Boeing 787-9, Airbus A350-900 dan A320 Neo.

Posisi pertama dalam daftar adalah maskapai penerbangan asal Inggris, TUI Airways dengan rating efisiensi 79,3. Atmosfair mengatakan kapasitas tempat duduk TUI mendekati maksimal.


Kedua dalam peringkat adalah maskapai LATAM dari Brazil-Chile yang dikenal menggunakan pesawat yang efisien. Tempat ketiga ditempati China West Air, sebuah maskapai penerbangan regional China yang melayani rute jarak pendek dan menengah dengan tempat duduk rapat dan tingkat hunian tinggi.

Laporan ini disusun menggunakan data dari badan-badan seperti Organisasi Penerbangan Sipil Internasional dan Asosiasi Transportasi Udara Internasional (ICAO & IATA). Tujuannya menjadikan efisiensi BBM sebagai faktor persaingan antar maskapai.

Inilah Maskapai Paling Ramah Lingkungan 2018China West Air (CNN Travel)

Atmosfair tidak memasukkan maskapai penerbangan berbiaya rendah di keseluruhan peringkatnya. Hal itu dikarenakan sering mendapat subsidi yang memungkinkan mereka beroperasi dengan harga tiket yang rendah dan cenderung lebih lengkap fasilitasnya.

Maskapai LCC tidak memiliki pilihan kelas bisnis, yang memungkinkan mereka untuk menjadi lebih ekonomis dalam hal ruang kabinnya. 10 Maskapai teratas Atmosfair adalah maskapai kecil yang bukan maskapai nasional karena kecenderungan tempat duduk berjumlah banyak dan kebijakan memperbarui pesawat setiap dua atau tiga tahun.

Banyak maskapai dengan nama besar di dunia bernasib buruk di acara Atmosfair. Singapore Airlines yang menduduki peringkat terbaik dunia hanya memperoleh nomor di 67, Virgin Atlantic di urutan 83 dan Emirates peringkat 108.

Virgin mengatakan laporan itu tidak didasarkan pada data emisi yang aktual dan membuat asumsi tentang efisiensi maskapai berdasar jenis pesawat. Pihaknya telah berkomitmen untuk mengurangi emisi karbon dan telah berinvestasi dalam program pembaruan besar untuk mengganti seluruh armadanya selama 10 tahun.

Bagi traveler, jika ingin bepergian jarak dekat diharap menggunakan transportasi lain, seperti kereta. Dengan laporan ini diharapkan wisatawan dapat memilah dengan bijak kendaraannya untuk bepergian.

Berikut maskapai paling ramah lingkungan versi Atmosfair untuk tahun 2018:

1. TUI Airways: 79,3
2. LATAM Airlines Brasil: 78,8
3. China West Air: 77,8
4. TUIfly: 77,6
5. Transavia Prancis: 76,3
6. SunExpress: 74,9
7. Thomas Cook Airlines: 74,7
8. Air Europa Express: 73,4
9. Condor Flugdienst: 71,8
10. Juneyao Airlines: 70,9. (msl/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED