Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 17 Des 2018 19:05 WIB

TRAVEL NEWS

Jembatan Ampera Bakal Ditutup Selama 2 Jam saat Malam Tahun Baru

Raja Adil Siregar
detikTravel
Foto: Ilustrasi Jembatan Ampera (Tommy Bernadus/dTraveler)
Foto: Ilustrasi Jembatan Ampera (Tommy Bernadus/d'Traveler)
Palembang - Ikon Palembang, Jembatan Ampera bakal ditutup selama 2 jam saat malam tahun baru. Ini dikarenakan akan jadi pusat perayaan malam pergantian tahun.

"Biasanya perayaan malam tahun baru itu berpusat di sekitaran BKB (Benteng Kuto Besak). Tetapi tidak jarang warga berkumpul di Jembatan Ampera, maka seperti biasa Ampera kami tutup 2 jam, dari jam 23.00 WIB sampai 01.00 WIB," ujar Kapolda Sumsel, Irjen Zulkarnain di Mapolda Sumsel, Senin (17/12/2018).

Dengan penutupan itu, warga dipastikan bisa berkumpul di kawasan wistaa yang terintegrasi. Mulai dari Pendestrian Walk Sudirman, Monumen Perjuangan Rakyat, bundaran Air Mancur dan sekitarnya.

"Kalau 2 jam jembatan ditutup, artinya ya itu bisa jadi tempat berkumpul di malam pergantian tahun. Setelah itu baru dibuka untuk lewat dari Seberang Ilir ke Ulu Kota Palembang," katanya.

Penutupan sendiri, menurut Zulkarnain, bukan hanya dilakukan di malam tahun baru saja. Tapi saat solat idul adha dan idul fitri pun Jembatan Ampera ditutup.

Untuk kendaraan yang akan melintasi, Zulkarnain menyarankan agar dapat menggunakan Jembatan Musi II yang berada di Gandus. Selain itu jembatan alternatif lain adalah Jembatan Musi IV yang menghubungkan Pasar Kuto dan Kampung Arab Al-Munawar.

"Untuk Musi IV memang belum dapat dipastikan, kalau ini sudah diresmikan Presiden mungkin bisa digunakan. Ya tergantung kondisi nanti sesuai hasil koordinasi bersama Dishub," katanya.

Sebagaimana diketahui, saat perayaan malam pergantian tahun dan hari-hari besar di Kota Palembang memang lebih sering dirayakan di BKB. Namun tidak menutup kemungkinan jumlah warga yang datang akan melimpah dan dapat sampai ke Jembatan Ampera.

Oleh sebab itu, sebagai Icon Palembang Jembatan Ampera akan ditutup di saat malam pergantian tahun. Bahkan tidak jarang warga menggunakan jembatan sebagai lokasi pesta kembang api. (sna/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA