Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 19 Des 2018 16:15 WIB

TRAVEL NEWS

Lewat Dermaga Eksekutif, Merak-Bakauheni Cuma 1 Jam

M Iqbal
detikTravel
Foto: Dermaga eksekutif Pelabuhan Merak (dok PT ASDP)
Foto: Dermaga eksekutif Pelabuhan Merak (dok PT ASDP)
Cilegon - Dermaga eksekutif Pelabuhan Merak, Banten, mulai melayani penumpang. Namun, hanya penumpang pejalan kaki yang bisa dilayani.

Dermaga eksekutif juga disebut dermaga premium. Di area dermaga kapal-kapal yang beroperasi hanya kapal eksekutif. Kapal itu akan menempuh perjalanan laut dari Merak di Banten ke Bakauheni di Lampung hanya 1 jam.

"Kalau untuk eksekutif di sisi terminalnya sudah hampir rampung tinggal finishing saja bahkan soft launching yang kemarin kita laksanakan di tanggal 17 itu kita tunda karena ada hal-hal yang perlu diselesaikan lagi," kata General Manager PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak Fahmi Alweni kepada wartawan, Rabu (19/12/2018).

Pihak ASDP menyiapkan 4 kapal eksekutif untuk mengantarkan penumpang baik dari Merak maupun Bakauheni. Fasilitas di dalam kapal disebut akan berbeda dengan kapal-kapal di dermaga biasa.

"Kalau operasi sudah kita operasikan ini sudah kita dua kapal beroperasi dua kapal off masing-masing sisi di Merak dan Bakauheni. Ketika terjadi hal-hal yang di luar dugaan kita kapal yang kita offkan di Bakauheni atau di Merak ini cepat bergerak masuk," kata dia.

Sementara itu, Marketing Communication Asst. Manager PT Indonesia Ferry Property, Juanito Alfa Nanlohy mengatakan pihaknya sudah mengoperasikan dermaga itu hanya untuk pejalan kaki. Namun, sebelum masa angkutan Natal dan Tahun Baru dermaga premium bakal diperuntukkan juga bagi penumpang kendaraan.

"Sudah selesai, hari ini sebenarnya kita sudah ada operasional perdana dari ASDP dari komersialnya dari Terminalnya sudah siap dari PT Indonesia Ferry Property yang mengelola itu keduanya sudah siap hanya mungkin menunggu tol gate pintu di depan kita untuk penumpang mobil yang akan dibuka, mungkin antara besok atau lusa," tuturnya. (aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED