Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 25 Des 2018 21:45 WIB

TRAVEL NEWS

3 Event yang Bikin Bangga Warga Banyuwangi

Ardian Fanani
detikTravel
Foto: (Ardian Fanani/detikTravel)
Foto: (Ardian Fanani/detikTravel)
Banyuwangi - Banyuwangi menyumbang 3 eventnya dalam 100 Calendar of Event (CoE) Wonderful Indonesia 2019. Apa-apa saja sih event yang bikin bangga warganya itu?

Ketiga event itu yakni Gandrung Sewu, International Tour de Banyuwangi Ijen (ITdBI) dan Banyuwangi Ethno Carnival (BEC). Banyuwangi Ethno Carnival bakal di gelar 28 Juli 2019 mendatang. Event ini merupakan salah satu acara terbesar di Banyuwangi. Event ini bahkan sudah disejajarkan dengan acara ternama kelas internasional dari Indonesia.

Acara yang sering disebut BEC ini adalah sebuah event karnaval busana yang setiap tahun digelar dalam rangkaian Banyuwangi Festival. Setiap tahunnya memiliki tema yang berbeda-beda. Rute yang dilalui adalah dari Taman Blambangan hingga Kantor Bupati Banyuwangi melewati jalan-jalan protokol Kota Banyuwangi sepanjang 2,2 kilometer.

"BEC merupakan salah satu atraksi wisata budaya daerah yang dibalut dalam kemegahan karnaval modern. Setiap tahunnya, BEC menyuguhkan kreasi busana dengan tema berbeda yang berakar pada seni dan tradisi lokal. Tahun ini, BEC mengangkat tema "Puter Kayun", yakni tradisi para leluhur warga Boyolangu, Banyuwangi," ujar Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas kepada detikTravel, Senin (24/12/2018) kemarin.

3 Event yang Bikin Bangga Warga BanyuwangiBanyuwangi Ethno Carnival (Ardian Fanani/detikTravel)

International Tour de Banyuwangi Ijen (ITdBI) adalah tur balap sepeda yang digelar sejak 2012. Tahun depan, event ini bakal digelar mulai tanggal 23 sampai 26 September.

BACA JUGA: 3 Event Banyuwangi Masuk 100 Calendar of Event Nasional Berturut-turut

Event olahraga berbalut wisata ini diikuti para pembalap dari puluhan negara asing. Seperti Perancis, Belanda, Kolombia, Kanada, Jepang, Singapura, Thailand, Iran, Spanyol, Filipina, Malaysia, Filipina, Australia, Korea, Tiongkok, Thailand, Selandia Baru, Rusia, Taiwan, Uni Emirat Arab, dan Uzbekistan.

3 Event yang Bikin Bangga Warga BanyuwangiInternational Tour de Banyuwangi Ijen (Ardian Fanani/detikTravel)

Rute yang ditempuh ITdBI mengelilingi wilayah Banyuwangi dan mendaki Gunung Ijen, yang terkenal di dunia dengan fenomena api birunya.

"ITdBI termasuk balap 2.2 terbaik Asia. Selain Banyuwangi, ada China, Jepang, Hongkong, Langkawi, Kazakhstan. Predikat terbaik itu diberikan karena kualitas lomba. Begitu juga antusiasme penonton yang tinggi, namun trafik tetap terjaga," tambah Anas.

3 Event yang Bikin Bangga Warga BanyuwangiGandrung Sewu (Ardian Fanani/detikTravel)

Sementara, Gandrung Sewu merupakan acara tarian tradisional yang menampilkan 1000 penari secara masal. Acaranya digelar di pinggir pantai ini bakal di gelar tanggal 20 Oktober 2019. Ribuan penari tersebut menarikan tari gandrung dengan kompak. Event ini selalu sukses ditonton ratusan ribu orang wisatawan.

Selain menarikan tarian Gandrung, mereka juga menarikan tarian tradisional Banyuwangi lainnya. Seperti gending Kembang Pepe, Seblang Lukento, Sekar Jenang, Sondreng-sondreng dan Kembang Dirmo.

"Penonton dapat menyaksikan unsur pendidikan tentang cinta bangsa yang begitu kuat. Jadi tidak semata-mata atraksi wisata. Festival ini juga menjadi sarana regenerasi pelaku seni-budaya berbasis tradisi rakyat. Peminatnya tiap tahun ribuan anak muda. Insya Allah Banyuwangi tidak akan kekurangan generasi pencinta seni-budaya, sekaligus ini ikhtiar memajukan kebudayaan daerah sebagai pilar kebudayaan nasional," pungkas Anas.

(sna/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA