Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 01 Jan 2019 09:57 WIB

TRAVEL NEWS

Balon Warna-Warni Hiasi Langit Borobudur di Malam Tahun Baru

Pertiwi
detikTravel
Foto: (Pertiwi/detikTravel)
Foto: (Pertiwi/detikTravel)
Magelang - Perayaan malam Tahun Baru 2019 di Candi Borobudur berlangsung meriah semalam. 1.500 balon LED menghiasi langit dengan indahnya.

Sedikitnya 1.500 balon Light Emitting Deode (LED) warna warni menghiasi langit Candi Borobudur, Magelang, Senin (31/12/2018) tengah malam. Sejumlah layang-layang beraneka warna dan bentuk pun tampak bercahaya di langit yang cerah jelang pergantian tahun 2018 ke 2019.

Doa-doa dan harapan untuk tahun yang baru diterbangkan bersama dengan melambungnya balon dan layang-layang tersebut ke udara. Perayaan malam pergantian tahun di Candi Borobudur bertajuk Borobudur Nite tahun ini memang sedikit berbeda. Jika tahun-tahun sebelumnya, para pengunjung diberikan lampion untuk diterbangkan, tahun ini diganti dengan balon LED.

"Tahun ini tidak ada pelepasan lampion terbang yang konvensional, tetapi diganti balon LED yang lebih aman. Karena tidak menggunakan bahan bakar minyak dan tidak menggunakan api," ujar Direktur Utama PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko, Edy Setijono, di sela acara.

Balon Warna-Warni Hiasi Langit Borobudur di Malam Tahun BaruKonser malam Tahun Baru di Candi Borobudur (Pertiwi/detikTravel)

Ada lebih dari 1.500 balon yang disiapkan bagi para wisatawan. Mereka lebih dulu dihibur oleh penampilan beberapa band pilihan di Taman Lumbini Kompleks Candi Borobudur sembari menunggu puncak acara.

Penerbangan balon memang menjadi yang paling ditunggu-tunggu setiap kali even Borobudur Nite pada malam pergantian tahun berlangsung. "Penerbangan balon ini disertai doa-doa untuk tahun baru yang lebih sukses," imbuh Edy.

Tahun ini, balon diterbangkan tepat pukul 24.00 WIB setelah sebelumnya diselingi dengan doa bersama bagi para korban bencana tsunami di Lampung dan Banten.

"Kita berdoa agar kita semua tetap bisa bersemangat untuk membangun negeri ini walaupun ada beberapa kendala seperti bencana alam. Semoga dengan diselenggarakannya Borobudur Nite 2018, kita semua dapat mengintrospeksi diri, terus membuat perbaikan, dan menjadi lebih optimis menghadapi tahun 2019," tandas Edy. (fay/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED