Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 10 Jan 2019 19:10 WIB

TRAVEL NEWS

Permudah Akses Wisata, Sultan Yogya Resmikan Sebagian Jalur Alternatif

Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X di Gunungkidul (Pradito/detikTravel)
Gunungkidul - Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X, meresmikan tahap kedua jalur alternatif Gunungkidul-Sleman. Harapannya untuk pariwisata Gunungkidul.

"Jalan ini (Jalur Ngalang-Gading yang diresmikan-red) sampai Prambanan sangat banyak obyek wisatanya, dari Breksi, dari Lava Bantal dan sebagianya lewat sini semuanya nanti, sampai Prambanan," kata Sultan usai meresmikan jalur Ngalang-Gading di Jembatan Nguwot, Desa Ngalang, Kecamatan Gedangsari, Kabupaten Gunungkidul, Kamis (10/1/2019).

Dijelaskan Ngarso Dalem, jalur tersebut merupakan tahap kedua dari pembangunan jalur alternatif Gunungkidul-Sleman yang ditargetkan rampung tahun 2021 mendatang. Menurutnya, dengan adanya jalur alternatif itu dapat mengurangi kepadatan di jalur utama Wonosari-Yogya dan mempermudah akses wisatawan mengunjungi Gunungkidul, begitu juga sebaliknya.

"Harapannya dengan akses seperti ini tidak mengurangi perkembangan pariwisata yang tumbuh di sebelah barat (terkait Bandara NYIA-red), dan sebelah timur ini, khususnya di Gunungkidul tidak slow down," ujarnya.

"Targetnya 2021 harus sudah selesai (pembangunan jalur alternatif Gunungkidul-Sleman-red)," imbuh Sultan.

Selain berdampak kepada sektor wisata, Sultan berharap dengan adanya jalur alternatif Gunungkidul-Sleman dapat berdampak pada sektor ekonomi masyarakat. Karena jika jalur tersebut rampung, tentunya banyak wisatawan yang melintas dan terkadang butuh tempat untuk melepas lelah.

"Sangat potensial dan saya yakin bisa memiliki nilai manfaat ekonomi yang baik," pungkasnya. (rdy/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA