Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 15 Jan 2019 18:50 WIB

TRAVEL NEWS

Tol Trans Jawa Dianggap Rebut Penumpang Pesawat

Shinta Angriyana
detikTravel
Ilustrasi pesawat (Thinkstock)
Ilustrasi pesawat (Thinkstock)
Jakarta - Bisnis penerbangan di Indonesia punya saingan tak terduga namanya Tol Trans Jawa. Penumpang pesawat jadi beralih naik kendaraan darat.

Diutarakan oleh Alvin Lie, Anggota Ombudsman RI, bahwa salah satu yang membuat masyarakat beralih dari pesawat adalah Tol Trans Jawa. Menurutnya, ini mengalihkan penumpang pesawat yang jadi lebih memilih jalur darat.

"Pembangunan tol Trans Jawa ini juga berpengaruh. Otomatis mengubah peta industri penerbangan. Lintas kota di Jawa, Jakarta kemudian Jogja, Solo, Surabaya mendapat persaingan luar biasa," ujarnya saat ditemui di Penang Bistro, Jakarta Pusat, Selasa (15/1/2019)

Menurutnya, masyarakat lebih memilih karena jalur darat karena kini sudah jauh lebih cepat dari sebelumnya.

"Karena Jakarta tinggal Cikampek, Cikampek-Surabaya, praktis di bawah 6 jam. Cirebon-Semarang 2 jam, Semarang-Kartosuro 45 menit. Yang tadinya penerbangan Semarang-Surabaya tiketnya Rp 1 juta, sekarang sepi, karena naik mobil 3 jam setengah," paparnya.

Alvin juga menambahkan, bahwa hal ini yang memaksa maskapai harus mencari cara agar orang masih tetap naik pesawat.

"Hal ini memaksa airline putar otak, karena sekarang hanya penerbangan keluar Jawa, nanti jalau yang bagian selatan Trans Jawa jadi, makin berat.Tantangan juga buat bandara seperti Kertajati, jadi tantangan buat airline," tambahnya. (rdy/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED