Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 23 Jan 2019 18:10 WIB

TRAVEL NEWS

Baru Dipasang, Solar Track di Jalur Pendakian Gunung Ijen Hilang

Ardian Fanani
detikTravel
Solar track Gunung Ijen Banyuwangi (Ardian Fanani/detikTravel)
Solar track Gunung Ijen Banyuwangi (Ardian Fanani/detikTravel)
Banyuwangi - Sekitar 12 solar track atau lampu penunjuk jalur tenaga matahari di kawasan Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Ijen hilang. Padahal solar track tersebut baru dipasang empat hari.

Solar track tersebut memang sengaja dipasang di sepanjang jalur pendakian di TWA Gunung Ijen. Ini sebagai penunjuk arah dan penerangan untuk jalan menuju puncak Ijen. Untuk pemasangan tahap pertama ini ada sekitar 60 buah lampu.

"Padahal kita akan pasang sekitar 300an unit akan kita pasang. Tapi karena empat hari kuta pasang hilang, ya kita tunda dulu," ujar Sigit Hari Wibowo, Kepala Pos Taman Wisata Alam Gunung Ijen, kepada detikTravel, Rabu (23/1/2019).

Belum diketahui, penyebab hilangnya solar track di jalur pendakian TWA Gunung Ijen ini apakah faktor alam atau memang sengaja dicuri oleh orang- orang yang tidak bertanggung jawab. BKSDA Jawa Timur akan menerjunkan tim untuk menyelidiki hilangnya lampu penunjuk arah bertenaga matahari tersebut.

Baru Dipasang, Solar Track di Jalur Pendakian Gunung Ijen HilangSolar track Gunung Ijen yang hilang (Ardian Fanani/detikTravel)

"Yang terpasang itu pokoknya antara 65. Jadi 600 meter itu dipasang 10 meteran jadi menunjukan itu jalan. Empat harian gitu, ya memang ada yang diambil terus diambil secara paksa pecah itu ada memang. Ini rencana mau 300 lagi tapi dengan kondisi seperti gimana, apakah diteruskan atau tidak. kita sudah sedia 300 lampu lagi," tambahnya.


Sigit Hari Wibowo menambahkan, rencananya di sepanajng jalur pendakian dari pos Paltuding hingga puncak Gunung akan dipasang 300 buah solar track. Namun karena lampu yang dipasang sudah banyak yang hilang, pemasangan solar track dihentikan sementara.

"Pemasangan tahap selanjutnya masih menunggu kajian lebih lanjut dari BKSDA Jawa Timur," tegasnya.

Sigit mengharapkan kepada para pengunjung taman wisata alam Gunung Ijen untuk bisa bersama- sama menjaga fasiliatas yang ada saat ini. Tujuanya agar para wisatawan yang berkunjung di gunung yang mempunyai danau kawah terbesar di Asia ini merasa nyaman. Sebab BKSDA Jawa Timur, berkomitmen terus memperbaiki sarana dan prasarana yang berada di wilayah Gunung Ijen.

"Mohon wisatawan dan warga bisa menjaga bersama fasilitas yang ada. Ini untuk mempermudah wisatawan untuk menuju puncak Ijen," pungkasnya.
Baru Dipasang, Solar Track di Jalur Pendakian Gunung Ijen HilangFoto: (Ardian Fanani/detikTravel)


Baru Dipasang, Solar Track di Jalur Pendakian Gunung Ijen Hilang


(aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED