Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 04 Feb 2019 09:20 WIB

TRAVEL NEWS

Cantik Banget! Beberapa Pantai di Dunia Bisa 'Menyala' saat Malam

Robi Setiawan
detikTravel
Foto: Dreammywonderland
Foto: Dreammywonderland
Jakarta - Pantai menjadi salah satu destinasi wisata yang ramai dikunjungi. Selain karena wahana air laut dan ombaknya, beberapa pantai juga menyuguhkan panorama yang indah seperti tebing, bebatuan, sampai bentuk dan warna pasirnya.

Di beberapa penjuru dunia, indahnya pantai tak hanya bisa dinikmati kala siang atau sore hari. Pasalnya ada beberapa pantai yang diketahui memiliki fenomena unik dan jarang ditemui. Seperti pantai yang bisa 'menyala' saat malam berikut ini yang dikutip dari Matador Network.

Mission Bay, California

Cantik Banget! Beberapa Pantai di Dunia Bisa 'Menyala' saat MalamFoto: Ben Chaney

Pantai yang lokasinya ada di San Diego California ini dipenuhi dengan mikroorganisme yang unik. Mikroorganisme ini akan menyala ketika malam hari, atau biasa disebut dengan fenomena bioluminescence.

Pada siang hari, mikroorganisme ini akan membuat warna pantai menjadi tampak kemerahan. Sedangkan pada malam hari ganggang memunculkan warna biru neon.

Cairns, Australia

Cantik Banget! Beberapa Pantai di Dunia Bisa 'Menyala' saat MalamFoto: Marc McCormack

Cairns sebetulnya adalah sebuah nama kota di timur laut Queensland, Australia. Wisatawan yang berkunjung ke sini biasanya tertarik karena pantainya yang bisa menyala ketika malam.

Seperti pantai menyala sebelumnya, pantai di Cairns juga menyala karena fenomena bioluminescence. Di tempat ini memang terdapat berjuta-juta mikroorganisme dinoflagellata yang terus berkembang pesat setiap harinya.

Ton Sai, Thailand

Cantik Banget! Beberapa Pantai di Dunia Bisa 'Menyala' saat MalamFoto: Dreammywonderland

Pantai Ton Sai yang berada di Krabi, Thailand, menjadi salah satu tempat yang paling dicari karena fenomena bioluminescence yang bisa sangat terang. Saking banyaknya mikroorganisme bioluminescence di sana, konon jejak kaki di pantai pada malam hari pun akan bercahaya biru.

Memang, bakteri atau ganggang yang menjadi penyebab bioluminescence di sini jumlahnya tidak menentu, bisa sangat banyak, namun terkadang juga jumlahnya sedikit hingga hanya berupa titik-titik menyala pada air.

Mosquito Bay, Vieques

Cantik Banget! Beberapa Pantai di Dunia Bisa 'Menyala' saat MalamFoto: Jim Sideas

Seperti Ton Sai di Thailand, Mosquito Bay juga bisa memiliki mikroorganisme penyebab fenomena bioluminescence yang sangat banyak. Dengan begitu tak heran cahaya yang dipancarkan dari pantai ini bisa sangat terang.

Fenomena tersebut tentunya tidak berlangsung setiap waktu. Ada waktu-waktu tertentu ketika mikroorganisme naik ke permukaan pantai dan menghasilkan warna-warna indah.

Karena tergolong fenomena langka, berkunjung ke salah satu pantai tersebut pastinya ingin mengabadikan keindahan cahaya mikroorganismenya. Untuk itu perlu gawai yang siap mengambil momen di segala kondisi, termasuk malam hari. Salah satunya adalah OPPO R17 Pro yang punya jargon 'Seize the Night'.

(prf/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED