Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 08 Feb 2019 12:50 WIB

TRAVEL NEWS

Dulu Diragukan, Bandara Tasikmalaya Kini Ramai Penumpang

Ahmad Masaul Khoiri
detikTravel
Keramaian di Bandara Wiriadinata (Masaul/detikTravel)
Keramaian di Bandara Wiriadinata (Masaul/detikTravel)
Tasikmalaya - Warga Tasikmalaya dan sekitarnya sudah sudah 2 tahun bisa naik pesawat langsung ke Jakarta. Dulu, pembangunannya diragukan.

Sudah selama 12 tahun ada keinginan memiliki bandara sipil di wilayah Priangan Timur. Wali Kota Tasikmalaya Budi Budiman menceritakan perjalanan memiliki bandara sipil itu.

"Saya itu sudah 20 tahun berkecimpung di transportasi. Jadi sedikit banyak sudah tahu dan semakin banyak pilihan transportasi maka orang semakin percaya," kata Budi di kantor dinasnya, Jumat (8/2/2019).

Walikota Tasikmalaya Budi BudimanWalikota Tasikmalaya, Budi Budiman (Masaul/detikTravel)
Setelah Lanud AU Wiriadinata bisa digunakan oleh sipil, ia sebut jadi harapan baru bagi perkembangan Tasikmalaya. Pemkot sudah mencoba memanfaatkan Lanud AU berkali-kali namun terhalang karena oleh berbagai kendala.

"Saat itu Pak Jokowi nggak ada agenda meresmikan lanud ke sipil. Tapi saya katakan investasi ke sini sangat lemahnya karena infrastruktur belum ada. Lalu saat itu ia ingin ada bandara dan disetujuilah itu," jelas Budi.

Ia kemudian bertemu petinggi Lion Air dan menyatakan siap melayani rute Jakarta-Tasikmalaya. Bahkan, sebelum diresmikan presiden, ia sudah ke kementerian terkait namun mendapat penolakan dan kemudian dipermudah izinnya dari dukungan presiden.

"Dengan adanya Bandara Wiriadinata orang mudah ke Priangan Timur dan tujuan selanjutnya nggak cuma ke Tasik. Hanya 45 menit dari Jakarta," jelas Budi.

Dulu Diragukan, Bandara Tasikmalaya Kini Ramai PenumpangPenumpang yang tengah menunggu boarding (Masaul/detikTravel)
Budi berharap akan ada tambahan maskapai. Tidak hanya 1 penerbangan tapi juga ke tujuan lainnya untuk memancing perkembangan aktivitas lainnya.

"Pertumbuhan ekonomi kami sangat bagus saat ini dan bisa memancing lagi. Pengusaha datang ke Tasik bisa dengan mudah dan sekarang tidak ada alasan kalau ada penerbangan," ucap dia.

Pantauan detikTravel di Bandara Wiriadinata, banyak penumpang yang menggunakan pesawat sebagai moda perjalanannya. Di anatara penumpang ada turis mancanegara yang juga menggunakan transportasi ini.

Dulu Diragukan, Bandara Tasikmalaya Kini Ramai Penumpang
(rdy/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED