Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 08 Feb 2019 17:10 WIB

TRAVEL NEWS

Mengenal Komodo di Pulau Ontoloe

Afif Farhan
detikTravel
Foto: (dok Istimewa/BBKSDA NTT)
Foto: (dok Istimewa/BBKSDA NTT)
Jakarta - Tahukah kamu, komodo juga ada di Pulau Ontoloe, NTT. Hanya saja, ada beberapa ciri yang membedakan dibanding komodo yang berada di Taman Nasional Komodo.

Habitat komodo ternyata tidak hanya ada di Taman nasional Komodo saja. Komodo menempati beberapa tempat di NTT, salah satunya di Pulau Ontoloe yang masuk dalam kawasan Taman Wisata Alam Laut 17 Pulau.

BACA JUGA: Komodo Bukan Hanya Ada di Taman Nasional Komodo

Hanya saja, ada yang membedakan penampilan komodo di Pulau Ontoloe dengan di Taman Nasional Komodo. Deni Purwandana, Koordinator Yayasan Komodo Survival Program memberikan penjelasan kepada detikTravel, Jumat (8/2/2019).

"Untuk ukuran komodo di Ontoloe, sejauh ini belum ada yang sebesar ukuran komodo di Taman Nasional Komodo. Tapi nanti, kita cek lagi datanya," kata Deni.

Ada satu ciri khas yang paling menonjol dari komodo di Ontoloe. Ciri itu adalah variasi warna kuning di badannya.

"Komodo di Ontoloe lebih kuning di bagian kepala," ujarnya.

Komodo yang masih kecil di Ontoloe (dok Istimewa/BBKSDA NTT)Komodo yang masih kecil di Ontoloe (dok Istimewa/BBKSDA NTT)


"Yang jelas di Ontoloe, ada aktivitas reproduksi komodo juga, ada bersarang dan menetas juga," ungkap Deni.

Deni menambahkan, selama ini komodo di wilayah lain di Flores mungkin gaungnya tidak sebesar komodo di Taman Nasional Komodo. Sehingga, belum banyak orang yang tahu.

Komodo di Ontoloe yang terrekam kamera trap (dok Istimewa/BBKSDA NTT)Komodo di Ontoloe yang terrekam kamera trap (dok Istimewa/BBKSDA NTT)


Kepala Bidang Teknis KSDA BBKSDA NTT, M Zaidi menjelaskan komodo di Pulau Ontoloe yang sudah didata sejauh ini berjumlah 17 ekor. Melalui kamera trap di Ontoloe, sepanjang tahun 2018 terlihat 6 ekor komodo.

"Pulau Onteloe tidak dihuni penduduk karena termasuk kawasan konservasi. Di sana juga hidup rusa," terangnya.

BBKSDA (Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam) NTT begitu menjaga kelestarian alam dan habitat flora dan fauna termasuk komodo di Pulau Ontoloe dan kawasan konservasi lainnya. Khusus komodo, hingga kini dilakukan terus penelitian mengenai populasi komodo di luar kawasan Taman Nasional Komodo.

Bisakah wisatawan mengunjungi Pulau Ontoloe?

"Bisa, karena memang lokasi wisata. Tapi, didampingi pemandu wisata yang ada di lokasi," tutupnya

(aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED