Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 12 Feb 2019 19:30 WIB

TRAVEL NEWS

Selain Kasus Marko Simic, Berikut Aneka Pelecehan Seksual di Pesawat

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
Ilustrasi pesawat (ABC Australia)
Ilustrasi pesawat (ABC Australia)
Jakarta - Pesepakbola Persija Jakarta, Marko Simic diduga melakukan pelecehan seksual di pesawat. Kasus semacam ini beberapa kali terjadi dalam penerbangan.

Striker Persija Jakarta berkewarganegaraan Kroasia, Marko Simic terpaksa berurusan dengan pihak berwajib Australia, Selasa (12/2/2019). Alasannya, ia diduga melakukan pelecehan pada penumpang wanita di sampingnya dalam penerbangan ke Sydney hari Minggu pekan lalu (10/2) seperti diberitakan media 9news.com.au.

Kasus yang diduga dilakukan oleh Marko Simic pun bukan yang pertama kali terjadi. Dikumpulkan detikTravel dari berbagai sumber, Selasa (12/2/2019), berikut aneka kasus pelecehan seksual di pesawat:

1. Kasus Pelecehan Pramugari oleh Pemain Sriwijaya FC

Pada akhir Februari tahun 2012, Pemain Sriwijaya FC berkewarganegaraan Brasil, Hilton Moreira sempat bermasalah dengan pihak Polda Metro Jaya. Sebabnya, Moreira diduga terlibat dalam kasus pelecehan seksual pada seorang pramugari Lion Air.


Dalam arsip berita detikcom, sang pramugari melaporkan Moreira dan beberapa temannya atas dugaan hendak memperkosa.

2. Pelecehan Aktris Bollywood Zaira Wasim

Seorang aktris Bollywood yang masih berusia 17 tahun mengaku menjadi korban pelecehan seksual di dalam pesawat. Aktris ini dilecehkan oleh seorang penumpang pria yang duduk di belakangnya saat penerbangan domestik.

Seperti dilansir Reuters, insiden ini terjadi dalam penerbangan domestik rute New Delhi-Mumbai dengan maskapai Air Vistara pada Minggu (10/12/2017) waktu setempat. Aktris bernama Zaira Wasim ini mengungkapkan insiden yang dialaminya via media sosial Instagram.

Pengakuan Wasim itu memicu kemarahan publik via media sosial. Para penggemar Wasim menyatakan dukungan untuk aktris yang terkenal atas perannya sebagai pegulat cilik dalam film laris Bollywood berjudul 'Dangal' yang dirilis tahun 2016.


3. Pelecehan Pramugari Garuda Indonesia oleh Penumpang

Pada pertengahan tahun 2016 lalu, seorang pramugari dilecehkan oleh dua penumpang Garuda GA 216 dalam perjalanan Jakarta-Yogyakarta. Hal itu pertama kali diketahui lewat postingan foto beserta narasinya di media sosial.

"Sore ini di Flight GA 216, ketika pramugari menawarkan minuman, penumpang di depanku memesan susu. Kemudian penumpang sebelahnya menimpali susu kanan atau kiri. Percakapan selanjutnya gak jelas dan mereka berdua ketawa2," bunyi kronologisnya.

VP Corporate Communication Garuda Indonesia saat itu Benny S Butarbutar meminta penumpang memahami etika dan saling menghargai pramugari. Ketika antara penumpang dan pramugari sudah saling menghargai, maka kejadian seperti pelecehan tentunya tidak akan terjadi.

"Tolong jangan artikan keramahan kami dengan sembarangan," ujar Benny saat itu.

4. Pelecehan oleh Penumpang Pesawat

Dilansir dari BBC, seorang wanita penumpang maskapai Amerika Serikat (AS), Spirit Airlines, mengaku telah menjadi korban pelecehan seksual saat dirinya tertidur dalam penerbangan. Diketahui, pesawat tersebut melakukan penerbangan dari Las Vegas menuju Detroit dan tiba di tempat tujuan pada Rabu, 3 Januari 2018.

Wanita itu mengatakan, dirinya terbangun dan menemukan kancing baju dan celananya terbuka. Saat ia sadar, tangan pria tersebut sudah berada dalam celananya. Pihak berwenang AS telah menahan seorang pria India yang diduga sebagai pelaku pelecehan tersebut.

Traveler tentunya harus lebih mawas diri saat traveling dengan pesawat. Jangan sekali-kali melakukan hal tersebut. Bagi traveler yang pernah atau merasa dilecehkan, tentunya juga tak boleh malu untuk melapor pada petugas berwenang. (rdy/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED