Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 13 Feb 2019 19:10 WIB

TRAVEL NEWS

Ini 10 Destinasi Wisata Halal Unggulan Indonesia

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
Pantai Kuta Mandalika (Kurnia/detikTravel)
Pantai Kuta Mandalika (Kurnia/detikTravel)

FOKUS BERITA

Muslim Traveler
Jakarta - Pemerintah Indonesia melalui Kemenpar kian gencar menarik traveler muslim lewat wisata halal. Ada 10 destinasi wisata halal dalam negeri yang jadi unggulan.

Pasar traveler muslim dewasa ini semakin menjanjikan. Menurut Global Muslim Travel Index atau GMTI, jumlah wisatawan muslim dunia tahun 2020 diprediksi mencapai 158 juta wisman.

Peluang itu pun disambut oleh Kemenpar, yakni lewat penetapan 10 destinasi wisata halal di indonesia untuk menjaring pasar traveler muslim. Selain beberapa nama besar seperti Aceh dan NTB, ada nama-nama kota lain yang diunggulkan.

"Ada 10 destinasi prioritas halal yang Insya Allah kita kembangkan. Aceh, Riau, Kepulauan Riau, Sumatera Barat, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Sulawesi Selatan dan Lombok," ujar Ketua Tim Percepatan Pengembangan Pariwisata Halal, Anang Sutoyo saat peluncuran Indonesia Muslim Travel Index (IMTI) di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Rabu (13/2/2019).

Di luar destinasi yang jadi pemain lama, nama-nama kota lain di Indonesia tersebut sekiranya diharapkan dapat mempersiapkan diri agar lebih bersahabat bagi traveler muslim.



Pemilihan 10 destinasi tersebut tentunya juga didasarkan pada sejumlah standar halal yang sebelumnya telah disurvey oleh tim dari Kemenpar.

"Intinya yang mudahnya tersedia makanan dan minuman yang terjamin kehalalannya, yang kedua mudah untuk beribadah, musala dan sebagainya, yang ketiga muslim friendly washroom, lalu atraksinya kondusif untuk moslem traveler. Selain itu juga sebagai destinasi wisata," ujar Staff Ahli Percepatan Wisata Halal, Riyanto Sofyan.

Diungkapkan oleh Sofyan, destinasi tersebut harus siap secara standar halal dan juga dari segi wisata. Para kepala daerah pun tak perlu khawatir, karena konsep wisata halal ini berlaku universal bagi semua traveler.

"Karena kita bicara wisata secara umum tapi punya extended facility untuk muslem traveler. kira-kira itu saja," pungkas Sofyan.

Sebelumnya, Aceh, NTB (Lombok) dan Sumatera Barat telah meraih penghargaan destinasi wisata halal di tahun yang telah lalu. Bukan tidak mungkin kalau nantinya akan ada kota lain di Indonesia yang meraih pencapaian tersebut.
(wsw/fay)

FOKUS BERITA

Muslim Traveler
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED