Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 04 Mar 2019 23:05 WIB

TRAVEL NEWS

Saat Pramugari Latihan Beladiri

Afif Farhan
detikTravel
Foto: Ilustrasi (Reuters)
Foto: Ilustrasi (Reuters)
Jakarta - Pramugari punya banyak keterampilan untuk melayani penumpang selama penerbangan. Tapi jarang orang tahu, tak sedikit pramugari bisa beladiri. Ciat!

Dirangkum detikTravel dari berbagai sumber, Senin (4/3/2019) beberapa maskapai di dunia rupanya melatih para pramugarinya untuk beladiri. Bahkan di Amerika Serikat melalui Transportation Security Administration (TSA), disediakan kelas khusus untuk beladiri pramugari yang tersebar di 20 lokasi di seluruh Amerika Serikat. Pramugari yang ikut latihan, jumlahnya mencapai belasan ribu orang!

Salah satu tempat pelatihannya adalah di kawasan Bandara Dulles di Kota Dulles, Virginia seperti pernah diliput The Washington Post. Para pramugari dari berbagai maskapai mengikuti pelatihan serius dari Scott Armstrong, pelatih yang profesional.

Scott Armstrong merupakan pensiunan dari Army Special Forces. Dia juga pernah ikut dalam pelatihan Secret Service hingga bergabung dengan Federal Air Marshal Service.

Scott mengajarkan bagaimana cara untuk menangkis serangan, mengatur nafas dan menyerang balik. Scott berfokus pada pertarungan jarak dekat dengan minim gerakan. Para pramugari pun terlihat antusias, mesti harus ngos-ngosan karena tak main-main latihannya.

(Reuters)(Reuters)
"Saya harap Anda tidak pernah menggunakan beladiri ini selama bekerja. Tapi menurut saya, sangat penting untuk mengetahui prinsip-prinsip dasar melindungi diri sendiri," kata Scott.

Pelatihan beladiri tersebut memang bertujuan untuk menjadi keterampilan pramugari untuk melindungi diri dari penumpang yang berulah. Tentu, tujuan akhirnya adalah menjaga situasi dan kondisi di dalam pesawat menjadi terkendali dan aman selama penerbangan.

BACA JUGA: Melihat Tempat Latihan Pramugari dari Maskapai Terbaik di Dunia

Data dari International Air Transport Association, sedikitnya 10.000 insiden fisik terjadi di seluruh dunia per tahun. Insiden fisik yang dimaksud, yakni penumpang berulah dan main tangan. Bisa menyerang penumpang lain atau melawan awak kabin.

(Reuters)(Reuters)
Oleh sebab itu, pelatihan beladiri pada pramugari dinilai sebagai salah satu upaya untuk mencegah insiden fisik di dalam pesawat. Namun walau punya ilmu beladiri, pramugari tetap mengedepankan diplomasi dengan cara berbicara dan bersikap yang baik.

"Beladiri adalah pilihan terakhir jika situasi tidak bisa dikendalikan lagi," kata Scott.


Simak Juga 'Keren! Pramugari Cantik Ini Lihai dalam Juggling Bola':

[Gambas:Video 20detik]

Saat Pramugari Latihan Beladiri
(aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED