Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 06 Mar 2019 12:15 WIB

TRAVEL NEWS

Pantangan-pantangan Buat Wisatawan Selama Nyepi di Bali

Aditya Mardiastuti
detikTravel
Foto: Ilustrasi upacara di Bali (Aditya Mardiastuti/detikTravel)
Foto: Ilustrasi upacara di Bali (Aditya Mardiastuti/detikTravel)
Denpasar - Kamis (7/3) esok, Hari Raya Nyepi akan dirayakan di seantero Bali. Berikut pantangan-pantangan buat wisatawan yang wajib diketahui selama Nyepi.

Untuk menjaga kekhusyukan Nyepi di Bali akses internet, saluran televisi hingga jaringan Anjungan Tunai Mandiri (ATM) akan dimatikan sementara.

Tak hanya itu, wisatawan juga diminta memperhatikan sejumlah pantangan. Apa saja?

"Nyepi di Bali itu pemimpin agama, umat Hindu tidak melakukan kegiatan keluar rumah, turis-turis pun tidak boleh keluar hotel," kata Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Badung, Gede Rudia Adiputra saat berbincang dengan detikTravel, Rabu (6/3/2019).

Selama Nyepi, para umat Hindu melaksanakan catur brata yaitu amati geni, amati karya (tidak bekerja), amati lelungan (tidak bepergian), dan amati lelanguan (tidak bersenang-senang). Selama Nyepi berlangsung semua toko tutup, dan tidak ada warung yang buka.

Di sepanjang jalan hanya ada pecalang yang bisa lalu lalang untuk pengamanan. Rudia pun meminta para turis agar tidak keluar hotel.

"Bagi non Hindu silakan di dalam hotel asal dia tidak berkeliaran di luar. Nyepi itu untuk membersihkan dunia kita dari polusi udara, polusi suara, dan yang lainnya," terangnya.

Rudia mengatakan bagi karyawan hotel yang bekerja dipersilakan untuk berangkat pukul 05.00 Wita. Sehingga diharapkan pukul 06.00 Wita sudah tiba di kantornya dan tidak berada di jalan.

"Besok itu sudah sepi, tidak ada orang lalu lalang. Oleh karena itu untuk karyawan hotel yang rumahnya jauh, diberi kesempatan jam 05.00 pagi berangkat dari rumah supaya jam 06.00 sampai di hotel," terangnya.

Rudia pun mempersilakan para turis untuk tetap beraktivitas selama berada di dalam hotel.

"Tidak ada juga, tinggal di dalam hotel saja. Mau baca-baca, kalau disiapkan ya makan di hotelnya, tidak keluar lagi karena sudah disiapkan di hotel," jelasnya. (ams/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED