Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 07 Mar 2019 21:55 WIB

TRAVEL NEWS

Wajah Cantik Penari Gandrung Ada di Bus Wisata Berlin

Ardian Fanani
detikTravel
Foto: Gambar Gandrung di bus keliling Berlin (dok Istimewa)
Foto: Gambar Gandrung di bus keliling Berlin (dok Istimewa)
Banyuwangi - Ikon wisata Banyuwangi, Tari Gandrung Sewu terpampang di bus pariwisata Berlin, Jerman. Tentu saja ini membuat Bupati Banyuwangi bangga.

Menteri Pariwisata Arief Yahya bergaya di dalam bus yang sudah dibranding destinasi wisata Indonesia. Momen itu terjadi sebelum digelar Internationale Tourismus-Börse Berlin (ITB) Berlin 2019, sebuah pameran pariwisata terbesar dunia di Jerman. Bus-bus yang keliling tempat-tempat ikonik sudah dibranding keindahan alam dan budaya Indonesia.

Bus-bus pariwisata berlogo Wonderful Indonesia berseliweran di Berlin. Ada yang bergambar Borobudur Joglosemar, Pink Beach Komodo Labuan Bajo NTT, Gebogan Bali, Gandrung Sewu Banyuwangi, Bromo Jatim, Raja Ampat Papua Barat, Wae Rebo NTT, Pulau Padar NTT, Danau Toba Sumut.

"Saya bangga ada foto Gandrung di bus-bus di Berlin Jerman. Pak Arief Yahya mengirimkan foto itu via WhatsApp ke saya," ujar Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas kepada detikTravel, Kamis (7/3/2019).

(dok Istimewa)(dok Istimewa)
Anas mengatakan, ikhtiar tempat wisata di Banyuwangi menjadi yang unggulan di Indonesia juga dibantu oleh Kementerian Pariwisata. Untuk itu, persiapan dan percepatan infrastruktur pendukung destinasi wisata di Banyuwangi juga terus dilakukan.

"Kita berterima kasih kepada Kemenpar yang terus membantu Banyuwangi untuk berkembang menjadi destinasi baru di Indonesia. Kita harapkan ini akan bisa mendatangkan turis Eropa di Banyuwangi. Kami memiliki Ijen dan masih banyak lagi," tambah Anas.

Terpisah, Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, langkah ini untuk mencuri perhatian pada mayoritas industri pariwisata dunia yang sedang berkumpul di Berlin. Para pelaku industri dari 180 negara di 5 benua, dengan 1.000 top buyers berkualitas, 10.000 peserta pameran, 160.000 pengunjung sedang berada di ibu kota Jerman ini. Mereka pasti sudah hadir H-1 dan selain mempersiapkan pameran, juga eksplorasi tempat wisata di Jerman.

Menurut Menpar, bus-bus pariwisata atau untuk sight seeing itu keliling Kota Berlin, dari satu destinasi ke destinasi lain. Lewat Check Point Charlie, Tauentzienstrasse, Lustgarten, East Side Gallery, Strausberger Platz, Mauerpark, Hauptbahnhof, Brandenburg Tor, Siegessaule. Itu adalah titik-titik ikonic di tempat berkumpulnya wisatawan.

"Bus-bus dengan desain destinasi wisata Indonesia itu menjadi objek foto-foto dan viral di media sosial," kata Menpar Arief Yahya.

(dok Istimewa)(dok Istimewa)
Arief Yahya juga sempat keliling kota, untuk merasakan desain-desain bus itu. "Bagus. Impresif. Lihat foto-fotonya deh, banyak orang yang selfie dengan background bus itu," ungkap Menpar Arief saat turun di depan Brandenburg Tor dan Tiergarten.

Cara ini sudah dilakukan Arief Yahya sejak Piala EURO 2016 di Prancis. Seolah-olah Wonderful Indonesia mensponsori Piala Eropa, kompetisi antar Negara Eropa yang paling dinanti selama 4 tahunan. Jutaan orang berkumpul di Paris, maka bus-bus pariwisata yang keliling Kota Eiffel itu juga dibranding Wonderful Indonesia.

"Foto-fotonya juga viral dan menjadi trending topic," sebut Arief Yahya.

Hal serupa juga dilakukan saat World Cup 2018, Piala Dunia yang dilangsungkan di Moskow dan Saint Petersburg, Rusia. Bus-bus yang keliling untuk pariwisata juga dibungkus dengan logo dan desain gambar Pesona Indonesia.

(dok Istimewa)(dok Istimewa)
Di pameran ITB Berlin 2019 ini, diperkirakan akan ada transaksi 7 miliar Euro. Proyeksi Indonesia diperkirakan naik menjadi Rp 10 triliun, dari Rp 9,8 triliun (2018), Rp 8,6 triliun (2017), dan Rp 6,5 triliun (tahun 2016). (sym/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED