Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 12 Mar 2019 15:58 WIB

TRAVEL NEWS

Selamat Datang ke Dunia, MRT Jakarta!

Fitraya Ramadhanny
detikTravel
Traveler mencoba MRT hari ini (Pradita Utama/detikcom)
Traveler mencoba MRT hari ini (Pradita Utama/detikcom)

FOKUS BERITA

Wisata MRT Jakarta
Jakarta - MRT Jakarta bisa dicoba masyarakat mulai hari ini. Kelahirannya ditunggu-tunggu. Jakarta pun bergabung dengan kota destinasi dunia yang duluan memilikinya.

Pada Selasa (12/3/2019) moda raya terpadu (MRT) Jakarta mulai bisa dinikmati masyarakat dalam rangka uji coba atau trial run. Masyarakat yang bisa mencoba MRT Jakarta adalah yang sebelumnya telah mendaftar mulai Selasa (5/3) hingga 23 Maret 2019 atau satu hari sebelum uji coba terakhir.

"Mulai pagi ini MRT Jakarta mulai uji coba publik secara resmi," kata Direktur Utama PT MRT Jakarta William P Sabandar di kantor MRT Jakarta, Wisma Nusantara, Jakarta Pusat, Selasa (12/3/2019).

Bagi masyarakat, ini adalah penantian panjang. Kelahiran moda transportasi ini begitu ditunggu-tunggu. Kajiannya sudah sejak 1980-an, dicanangkan tahun 2010 dan mulai dibangun tahun 2013.

Fase 1 dari Lebak Bulus ke Bundaran HI sepanjang 15,7 km dan 13 stasiun, termasuk 6 di bawah tanah, akhirnya mulai bisa melayani masyarakat. Bagi dunia pariwisata, beroperasinya MRT Jakarta juga merupakan kabar bahagia.

Sebagai ibukota negara, Jakarta juga merupakan destinasi wisata. Ada banyak tempat wisata di Jakarta yang menjadi tujuan liburan wisatawan Nusantara dan mancanegara.

Tidak dapat dihindarkan lagi kalau wisatawan asing akan selalu membandingkan konektivitas dan mobilitas di Jakarta dan ibukota negara-negara lain. Paris, Roma, Berlin, London, Beijing, New Delhi, Tokyo, Washington DC adalah ibukota negara dunia dengan jaringan MRT yang bisa diandalkan wisatawan.

Bahkan, ibukota negara-negara tetangga juga sudah punya MRT yang menjadi andalan wisatawan untuk ikut menjelajah kota berbaur dengan warga lokal. Singapura punya MRT Singapore, Kuala Lumpur punya Rapid KL, Bangkok punya MRT Bangkok, dan Manila punya Manila MRT System.

Jakarta pun kini menyejajarkan diri dengan ibukota Asia lainnya dan dunia. Ini adalah permulaan bagi kiprah MRT Jakarta. Pasti setelah ini wisatawan akan banyak berkomentar. Yang jelas mereka akan semakin mudah menjelajah Ibukota Indonesia. Selamat bertugas, MRT Jakarta! (fay/krn)

FOKUS BERITA

Wisata MRT Jakarta
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED