Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 19 Mar 2019 11:20 WIB

TRAVEL NEWS

Wisata Air Terjun Ditutup Pasca Gempa Lombok, Gili Trawangan Aman

Harianto Nukman
detikTravel
Kondisi Gili Trawangan terkini (Harry/detikTravel)
Kondisi Gili Trawangan terkini (Harry/detikTravel)
Lombok Utara - Untuk sementara, wisata Air Terjun Tiu Kelep ditutup pasca gempa dan longsor. Namun, untuk destinasi wisata lain seperti Gili Trawangan tetap aman.

Gempa bumi yang terjadi pada Minggu (16/3) siang, bermagnitudo 5,8 dan 5,4 secara beruntun berpusat di Lombok Timur berdampak pada kerusakan ratusan rumah warga yang ada di sana.

Pada waktu yang sama, saat guncangan gempa terjadi puluhan turis mancanegara dan wisatawan lokal terjebak di area terjadinya longsor di kawasan wisata air terjun Tiu Kelep.

 Air Terjun Tiu Kelep pasca pencarian wisatawan yang terjebak longasor. (dok. SAR/istimewa) Air Terjun Tiu Kelep pasca pencarian wisatawan yang terjebak longasor. (dok. SAR/istimewa) Foto: undefined


Dari data Kantor SAR Mataram menyebut sebanyak 16 wisman asal Malaysia dan 8 wisatawan lokal terjebak di dalam kawasan. Dua WN Malaysia dan satu warga lokal dinyatakan meninggal dunia di lokasi.

Akibat peristiwa nahas itu, Pemkab Lombok Utara memutuskan untuk sementara waktu lokasi wisata dua air terjun yang berada di Desa Senaru, Kecamatan Bayan itu, yakni Sendang Gile dan Tiu Kelep yang merupakan satu jalur kawasan.
(Harry/detikTravel)(Harry/detikTravel)




"Tiu Kelep belum pernah ditutup aksesnya, tetapi dengan adanya musibah ini, Sekda Kabupaten Lombok Utara Drs H Suardi menghimbau masyarakat dan wisatawan untuk sementara menghindari tempat wisata air terjun, selama keadaan belum pulih. Selain itu pula, cuaca sedang buruk," ujar Kabag Humas Setda Lombok Utara Mujaddid Muhas, Selasa (19/3/2019).

"Belum ditutup, hanya imbauan saja, agar menghindari wisata air terjun untuk sementara waktu," sambungnya.

Namun demikian, destinasi wisata yang ada di Lombok Utara, selain air terjun, seperti pantai di tiga gili serta objek lainnya tidak ikut terdampak. Kondisinya pun sudah berangsur normal.

"Ya, aman, normal saja. Ya, stabil kok," ungkap Manager Warna Beach Hotel Gili Trawangan, Ricky Jumas.



(sym/sym)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED