Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 19 Mar 2019 12:30 WIB

TRAVEL NEWS

Pasca Tragedi 737 Max 8, Boeing Malah Luncurkan Pesawat Terpanjang

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
Peluncuran pesawat Boeing 777X (Twitter)
Peluncuran pesawat Boeing 777X (Twitter)
Seattle - Belum lama sejak tragedi Ethiopian Airlines, Boeing malah mengeluarkan pesawat baru. Inilah 777X, yang terpanjang sedunia.

Nama Boeing tengah menjadi omongan dunia setelah tragedi Ethiopian Airlines yang menewaskan ratusan penumpang pada 10 Maret 2019 lalu. Kabar terbaru, pihak Boeing telah meluncurkan armada terbarunya diam-diam.

Dikumpulkan detikcom dari berbagai sumber, Selasa (19/3/2019), baru-baru ini pihak Boeing meluncurkan Boeing 777X yang didapuk sebagai pesawat terpanjang di dunia.

Peluncurannya pun luput dari sorotan media seperti diberitakan New Zealand Herald. Diperkirakan, hal itu dilakukan sebagai buntut dari tragedi Ethiopian Airlines yang melibatkan pesawat jenis Boeing 737 Max 8.

Diketahui, peluncurannya bertempat di sebuah hanggar milik perusahaan Boeing di Seattle. Pesawat itu pun rampung setelah 6 tahun dipersiapkan.

Pasca Tragedi 737 Max 8, Boeing Malah Luncurkan Pesawat TerpanjangBoeing 777X (Twitter)
Secara teknis, varian dari 777-9 tersebut memiliki panjang 77 meter atau 1,64 meter lebih panjang dari pesawat kompetitornya Airbus. Dampaknya adalah penggunaan bahan bakar yang jadi lebih hemat, sekitar 10-12% ongkos operasi sekali jalan.

Pihak Boeing pribadi menyebut armada terbarunya tersebut sebagai pesawat terbesar dengan mesin kembar jet yang paling efisien. Selain itu, pesawat baru terseut juga didesain dengan jendela dan bagasi kabin yang lebih luas. Rencananya, pesawat tersebut akan siap untuk dipasarkan di tahun 2020. (rdy/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED