Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 20 Mar 2019 18:20 WIB

TRAVEL NEWS

Jawa Barat Kembali Tampil di Festival Wonderful Indonesia 2019 Swedia

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
Dubes RI untuk Swedia, Bagas dan Gubernur Jabar Ridwan Kamil (dok KBRI Stockholm)
Dubes RI untuk Swedia, Bagas dan Gubernur Jabar Ridwan Kamil (dok KBRI Stockholm)
Bandung - Promosi Indonesia terus dilakukan di luar negeri. Rencananya, Jawa Barat akan kembali unjuk gigi dalam Festival Wonderful Indonesia 2019 di Swedia.

Jawa Barat akan mengirimkan wakil-wakil seni dan budaya terbaiknya dalam Festival Wonderful Indonesia yang akan diadakan di Kungstradsgarden, Stockholm, Swedia, 2019.

"Kami akan menampilkan yang terbaik, sehingga masyarakat Swedia tidak hanya dapat menikmati tapi juga terpesona dengan seni dan budaya Jawa Barat," ujar Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dalam pertemuannya dengan Dubes Bagas di Bandung, Jawa Barat.

Dalam kesempatan tersebut, Dubes Bagas meminta agar Jawa Barat dapat berpartisipasi dalam event tahunan yang kali ini akan diadakan tanggal 26-27 Juli 2019 di Kungstradgarden, Stockholm, Swedia.

"Saya merasa gembira dengan keikutsertaan Pemerintah Provinsi Jawa Barat dalam Festival Wonderful Indonesia tahun ini. Event ini merupakan kegiatan terbaik untuk menunjukkan keberagaman dan keeksotisan budaya Indonesia dalam bentuk tari, musik, dan penampilan kesenian tradisional lainnya," ujar Dubes Bagas.

Dalam kesempatan terpisah, Dubes Bagas juga bertemu dengan Saung Angklung Udjo untuk meminta partisipasi mereka pada Festival Wonderful Indonesia 2019.

Angklung adalah alat musik yang dibuat dengan cara menyatukan pipa-pipa bambu dalam sebuah kerangka bambu. Angklung dimainkan dengan cara digetarkan.

Saung Angklung Udjo terkenal dengan penampilan permainan angklung yang non-konvensional, bahkan menggabungkan dengan penampilan alat musik modern seperti drum dan gitar listrik.

Bapak Taufik Maulana, salah satu anggota penampil di Saung Angklung Udjo menyampaikan kebanggaannya bahwa angklung telah dikenal oleh berbagai negara di dunia dan mereka siap untuk menyebarkan keunikan langsung lebih jauh lagi.

Festival Wonderful Indonesia di Kungstradsgarden, Stockholm, telah memasuki tahun ketiga penyelenggaraannya. Pada tahun 2018, festival tersebut menyedot perhatian lebih dari 25.000 pengunjung dari Swedia dan turis-turis internasional.

Tahun lalu festival tersebut menampilkan Saung Angklung Udjo, demonstrasi memasak oleh William Wongso, pameran foto tempat-tempat wisata di Indonesia dan penampilan kesenian tradisional lainnya. (rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED