Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 23 Mar 2019 14:30 WIB

TRAVEL NEWS

NTB Siapkan SDM Pariwisata Untuk MotoGP Indonesia 2021

Harryanto
detikTravel
Foto: Harry/detikcom
Foto: Harry/detikcom
Mataram - Pemprov Nusa Tenggara Barat (NTB) tak mau sekadar jadi penonton dalam event sport tourism MotoGP di 2021. Mereka menyiapkan SDM pariwisata.

Segala persiapan itu termasuk dalam hal menyiapkan sumberdaya dan potensi yang akan mengelola pariwisata yang ada di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika di Kabupaten Lombok Tengah.

Sesuai rencana Event MotoGP bakal digelar pada tahun 2021 nanti di jalan raya yang ada di KEK Mandalika. Berdasarkan konsep sirkuit yang akan dibangun model street circuit.

Sebagai tuan rumah, Pemda NTB tak ingin warganya sekadar jadi penonton saja. Pemda juga ingin warga di lingkar kawasan ikut berpartisipasi aktif.

"Kita supaya tidak jadi penonton. Karena tidak boleh menyerahkan sepenuhnya kepada ITDC saja semua pekerjaan besar-besar. Kita harus sebagai masyarakat sebagai pemda menyiapkan diri," ucap Gubernur NTB Zulkieflimansyah kepada wartawan di Mataram, Jumat (22/3/2019).

"Sehingga apa yang dibutuhkan oleh masyarakat kita ketika event internasional itu hadir, kita juga siap untuk berpartisipasi besar," sambungnya.

Zulkieflimansyah mencontohkan penyiapan sumberdaya yang dimaksudkan misalnya pemuda bisa dilibatkan. Caranya, kata dia, dengan mempersiapakan sekolah pariwisata Poltekpar yang sudah ada di Lombok Tengah.

"Kita juga akan kasih pelatihan-pelatihan sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh ITDC nanti," ungkapnya.

Dia juga menyatakan jika sudah membentuk tim khusus untuk memberikan penguatan peran keterlibatan pemda untuk berkontribusi.

"Mungkin minggu depan nanti (ITDC) akan mempropose ke kita apa saja yang akan dilakukan dan itu apa yang bisa kita bantu," ujarnya.

Pemda dalam hal ini pada posisi proaktif dengan membentuk sendiri, sehingga NTB nantinya sudah sangat siap sebagai tuan rumah penyelenggaraan MotoGP.

(sym/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED

Liburan Sekolah di Sea World Ancol

Selasa, 25 Jun 2019 06:50 WIB

Di Sea World Ancol, kita bisa liburan sekolah ditemani dengan aneka macam hewan laut. Bahkan kita bisa menyaksikan keseruan pemberian makan di akuarium.