Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 01 Apr 2019 14:50 WIB

TRAVEL NEWS

Makassar Canangkan Hari Kebudayaan, Pamer Baju Adat Indonesia

Ibnu Munsir
detikTravel
Foto: Ibnu Munsir/detikcom
Foto: Ibnu Munsir/detikcom
Makassar - Kota Makassar mencanangkan 1 April 2019 sebagai Hari Kebudayaan. Traveler bisa melihat banyak warga kota berbaju adat.

Pencanangkan ini terlihat disejumlah tempat di Makassar. Pencanangan dilakukan dengan upacara bendera bendera dengan mengunakan baju adat. Tak hanya itu, sejumlah siswa SD dan SMP di Makassar mengenakan baju adat sejumlah daerah di Indonesia.

"Yang pertama kebudayaan adalah identitas bangsa, budaya kekayaan bangsa, budaya membedakan kita dengan yang lain, budayalah yang membuat kita menjadi Indonesia," kata Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto, di SD Mangkura Makassar, Senin (1/4/2019).

Danny menyebut jika pencanangan Hari Kebudayaan ini juga sebagai upaya melestarikan budaya yang ada di Sulsel termasuk budaya di Indonesia.

"Maka hari ini kita ingin menanamkan dan mengenali untuk anak kita tentang budayanya semua. Bukan hanya Bugis, Makassar, Mandar, Toraja, tapi seluruh budaya Indonesia," jelasnya.

Makassar Canangkan Hari Kebudayaan, Pamer Baju Adat IndonesiaIbnu Munsir/detikcom


Tak hanya pakaian, ditanggal 1 April 2019 ini Sekolah di Makassar juga diberikan materi kebudayaan seharian. Hal ini guna mengingatkan budaya dan sejarah di Sulsel.

"Anak-anak kita disarankan untuk memakai baju tradisional. Hari ini semua materi pelajaran tentang budaya Makassar, budaya Indonesia dan kita fokus hari ini untuk bagaimana mengenali budaya kita sendiri," paparnya.

Sementara itu, salah seorang warga Makassar, Raisa mengatakan pencanangan Hari Kebudayaan ini memberikan pesan cukup bagus dan mengingatkan sejarah dan budaya sangat penting untuk dilakukan

"Bagus acaranya, keren juga, cuma ada di Makassar. Makassar juga sebagai pelopor saat ini dapat menjadi inspirasi bagi semua daerah di Indonesia dan mengelar hal yang sama," tutupnya.

Rencananya pencanangan Hari Kebudayaan ini akan digelar di Fort Rotterdam Makassar mulai pukul 15.00 Wita. Ada agenda karnaval budaya dan jalan bersama.

Kalau traveler sedang ada di Makassar, jangan ragu untuk merapat ke Fort Rotterdam. Siapkan kamera ya!


(sym/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA