Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 05 Apr 2019 19:15 WIB

TRAVEL NEWS

Kenali Bawah Laut Indonesia Lewat 5 Booth di Deep and Extreme Ini

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
Booth Kabupaten Halmahera Selatan di Deep and Exreme 2019 (Randy/detikcom)
Booth Kabupaten Halmahera Selatan di Deep and Exreme 2019 (Randy/detikcom)
Jakarta - Pameran Deep and Extreme sudah kembali digelar tahun ini. Ayo kenali indahnya alam bawah laut Indonesia di 5 booth ini.

Selain menghadirkan aneka peralatan selam dan wisata ekstrem, pameran Deep and Extreme 2019 juga diramaikan oleh sejumlah booth pihak Pemprov dan Pemkab dari berbagai daerah di Indonesia. Dilihat detikcom di lokasi, jumlahnya pun mencapai belasan atau lebih.

Menariknya, masing-masing booth mengenalkan potensi wisata bawah laut dari tiap daerah yang indah dan unik bukan main. Dihimpun detikcom, Kamis (4/4/2019), berikut 5 booth Pemprov dan Pemkab daerah yang bisa kamu datangi di pameran Deep and Extreme tahun ini:

1. Kabupaten Halmahera Selatan

Booth pertama adalah dari Kabupaten Halmahera Selatan di Maluku Utara. Di kalangan traveler, kabupaten yang satu ini memang populer sebagai penghasil Batu Bacan. Namun, nyatanya lebih dari itu.

"Memang kalau wisata kita di sana kita lebih pada mengkombinasikan beberapa aspek. Ada baharinya, rempah, budaya," ujar Kadisparpora Halmahera Selatan, Muhammad Nur.

Dilanjutkan oleh Nur, destinasi wisata yang ada di sana dibagi ke dalam 3 kawasan pariwisata.

"Spotnya itu kita berbasis kawasan pengembangan pariwisata Guraici, kemudian di Sali. Ada di Pogo-pogo. Itu yang saat ini sudah ready," ujar Nur.

2. Gorontalo
Kenali Bawah Laut Indonesia Lewat 5 Booth di Deep and Extreme IniFoto: (Randy/detikcom)
Soal wisata bawah laut, nama Gorontalo tentu sudah tak perlu diragukan. Traveler pun bisa kenal lebih jauh perihal destinasi wisata unggulan Gorontalo di boothnya.

"Seperti Torsiaje, Pulo Cinta. Terserah tamu mau yang mana. Kalau gorontalo ada 38 tempat diving dan masing beda-beda," ujar Yunis dari Miguels Diving di booth Gorontalo.

Dari semuanya, diketahui dari Yunis kalau Pulo Cinta dan aktivitas diving adalah yang paling disukai turis.

3. Kabupaten Banggai Laut
Kenali Bawah Laut Indonesia Lewat 5 Booth di Deep and Extreme IniFoto: (Randy/detikcom)
Masih dari Sulawesi, ada Kabupaten Banggai Laut yang juga punya spot diving unggulan. Pihak Pemkab Banggai Laut pun siap berbagi informasi lewat booth mereka.

"Yang mau dipromosikan kita destinasi wisata yang ada di Banggai Laut ada 7 kecamatan, 3 kecamatan yang kita tonjolkan," ujar Kabid pengembangan Pemasaran Kabupaten Banggai Laut, Ida Mujahida.

Dijelaskan Ida, 3 kecamatan itu adalah Kecamatan Bokan Kepulauan, Kecamatan Bangkurung dan Banggai Utara. Di sana dapat dijumpai ubur-ubur yang tak menyengat, desa wisata hingga pantai pasir putih nan indah.

4. Kabupaten Kepulauan Seribu
Kenali Bawah Laut Indonesia Lewat 5 Booth di Deep and Extreme IniFoto: (Randy/detikcom)
Bergeser sejenak ke ibukota, ada Kepulauan Seribu yang juga jadi primadona. Dekat dari Jakarta, Kepulauan Seribu tengah mempromosikan wisata air.

"Lagi ngangkat untuk olahraga air, karena kita bakal ada event aquator sehabis lebaran," ujar Dwi dari Sudinparbud Kepulauan Seribu.

Dijelaskan Dwi, sejumlah pulau utama seperti Tidung dan Pramuka adalah apa yang kembali dipromosikan pihak Pemkab. Selain itu, sejumlah pulau resort di sana juga ikut digandeng.

5. Kabupaten Biak Numfor

Terakhir, ada Kabupaten Biak Numfor di Papua Barat. Terkenal akan destinasi terkait Perang Dunia II, traveler bisa melihatnya dengan datang langsung.

"Kalau bahari kami ada spot diving. Kalau Biak terkenal Perang Dunia II. Ada kapal Catalina. Posisinya tak jauh dari Kota Biak. Dalamnya 30 meter," ujar Imelda dari Dinas Pariwisata Biak Numfor.

Selain itu, Biak juga punya gua bawah laut Ngundi, Kepulauan Padaido dan spot barakuda. Total ada 35 spot diving. Selain bisa cari info wisata, di booth juga dijual kopi asli dari tanah papua sana.

Jadi tunggu apa lagi? Pameran Deep and Extreme digelar di JCC dari 4-7 April 2019 ini. Harga tiket adalah Rp 40 ribu/orang. Buka dari pukul 10.00-21.00 WIB. (rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA